Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Memilih Laptop yang Bagus Untuk Pelajar atau Mahasiswa

Konten [Tampil]
6 Cara Memilih Laptop yang Bagus Untuk Pelajar atau Mahasiswa – Memasuki dunia sekolah atau perkuliahan pastinya membutuhkan laptop yang digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah atau tugas kuliah.

6 cara memilih laptop yang bagus untuk pelajar atau mahasiswa

Laptop yang diincar oleh pelajar untuk kegiatan belajarnya biasanya mencari laptop dengan harga murah, spesifikasi tinggi, dan portable atau bobot yang ringan supaya mudah dan praktis untuk dibawa kemana-mana.

6 Cara Memilih Laptop yang Bagus Untuk Pelajar atau Mahasiswa

Sekarang di pasaran sudah banyak pilihan laptop dari berbagai macam merk dan fitur menarik. Hal itu dibuat supaya dapat memenuhi kebutuhan oleh konsumen. Jika masih bingung dalam ketika mau beli laptop ikuti tips cara memilih laptop yang bagus untuk pelajar berikut ini

Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Tips memilih laptop yang bagus untuk pelajar yang pertama adalah menyesuaikan dengan budget yang dimiliki dan kemampuan. Saringlah harga laptop sesuai dengan budget dan kebutuhan. Untuk pelajar biasanya membutuhkan laptop dengan pekerjaan yang ringan yang digunakan untuk menjalankan software Microsoft yang dibuat untuk mengerjakan tugas-tugas, laptop dengan harga 3 sampau 4 juta sudah bagus dalam mengerjakan tugas.

Pilih Laptop dengan yang Portable

Biasanya laptop yang dibutuhkan mahasiswa atau pelajar adalah laptop yang biasa dibawa kemana-mana supaya bisa mengerjakan tugas dimana saja dan bisa berpindah-pindah. Sehingga pilihan laptop portable sangat tepat untuk dibeli, pilih laptop yang ringan dan ukuran layar yang cukup, ukuran layar dengan 11 sampai 14 inch sudah sangat cukup untuk pelajar.

Perhatikan Spesifikasi Umum dalam Laptop

Selanjutnya, tentukan prioritasmu dengan menyesuikan spesifikasi laptop sesuai dengan kebutuhan yang akan dikerjakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan misalnya :

Spesifikasi Layar

Kebanyakan laptop dengan harga murah memiliki layar dengan resolusi sebesar 1366x768 piksel, dengan ukuran layar yang kecil biasanya membuat tidak nyaman dalam mengerjakan tugas. Kecuali jika nyaman dengan layar 11 inch maka ini bisa jadi pilihan terbaik. Namun jika ingin lebih nyaman dengan layar yang lebih besar bisa memilih laptop dengan resolusi Full-HD (1920X1080 piksel).

Spek CPU

Sistem laptop yang dengan performa terbaik ialah biasanya menggunakan CPU Intel Core i5 atau i7. Namun bila budget yang dimiliki rendah maka CPU dengan Intel Core i3, Celeron, atau Pentium sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan untuk menjalankan task ringan.

Kapasitas RAM

Kapasitas RAM 8GB menjadi pilihan yang ideal untuk pelajar dalam membantu melakukan multitasking tanpa gangguan. Bisa juga memilih RAM dengan kapasitas 4GB, dengan kapasitas sebesar 4GB menjadi pilihan minimum dalam laptop.

Penyimpanan Internal

Pilihan laptop dengan harddisk SSD menjadi pilihan yang terbaik saat ini dibandingkan dengan HDD. Sebab SSD mampu berjalan tiga atau empat kali lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD. Jika dibandingkan harganya SSD lebih mahal, namun jika budget memungkinkan pilihan dengan harddisk SSD adalah pilihan terbaik.

Cek Kemampuan Baterai

Pilih laptop dengan kemampuan baterai yang mampu beroperasi selama 8 jam atau lebih, kemampuan baterai tersebut sudah menjanjikan kualitas daya tahan baterai yang lebih baik.

Spek lain

Pastikan bahwa laptop yang dibeli memiliki Wi-Fi dan minimum memiliki port USB Type-A. Bila ingin menapak selangkah ke masa depan, maka pilihlah laptop dengan port USB Type-C.

Pilih Laptop yang Baik Untuk Multitasking

Cara selanjutnya dalam memilih laptop adalah perhatikan kemampuan laptop memiliki spesifikasi multitasking atau tidak. Multitasking adalah mampu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Misal sedang mengerjakan tugas di Microsoft Word sambil memutar music, agar task dapat berjalan lancar maka kemampuan multitasking sangat diperlukan. 

Pilih Sistem Operasi yang Paling Sesuai

Pilihan sistem operasi dengan berbasis untuk pelajar sudah familiar, oleh karena itu disarankan untuk memilih laptop dengan OS Windows 10, pilihan yang paling populer dan sudah disokong dengan beragam aplikasi. Dan perhatikan ketika membeli laptop, di dalam laptop sudah pre-installed Windows yang original, hindari yang bajakan supaya nantinya tidak terjadi masalah seperti gangguan keamanan atau fitur tidak bekerja maksimal.

Pilih Laptop yang Bergaransi

Untuk menghindari kerusakan setelah membeli laptop yang mempunyai garansi sangat penting. Dengan adanya garansi jika laptop terjadi masalah tidak perlu khawatir biaya servisnya karena selama masa garansi jika terdapat kerusakan bisa langsung dibawa ke tempat kalian membeli.

Untuk mendapatkan laptop yang bergaransi resmi kamu bisa bisa memilih laptop di official store dari brand yang diinginkan, beberapa brand sudah membuka toko dibeberapa marketplace seperti 
Kalian bisa klik langsung pilihan marketplace yang sudah jadi favorit anda belanja online.

Itulah 6 Cara Memilih Laptop yang Bagus Untuk Pelajar atau Mahasiswa semoga dapat bermanfaat jadi bahan referensi dalam memilih laptop.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "6 Cara Memilih Laptop yang Bagus Untuk Pelajar atau Mahasiswa"