Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sejarah : Secara Etimologi, Menurut Para Ahli, dan Menurut KBBI

Konten [Tampil]

Pengertian Sejarah Menurut Asal Usul Kata (Etimologi)

Kata sejarah berasal dari bahasa arab, syajarotun, yang berarti pohon. Pohon yang dimaksud adalah pohon silsilah, atau bagan asal-usul keturunan yang menyerupai bentuk pohon. Beberapa kerajaan di Indonesia pada masa lalu diketahui memiliki bagan silsilah keturunan semacam itu. Saat itu “sejarah” memfokuskan perhatiannya pada pengetahuan seputar istana atau disebut “istana sentris”. Karya sejarah yang dihasilkan umumnya berkisah kronologis tentang raja-raja, silsilah keluarganya, dan tindakan pemerintahan. Kisah-kisah tersebut sebagian besar dibumbui mitos dan legenda. Di beberapa daerah di Indonesia, kisah-kisah semacam itu disebut dengan istilah yang berbeda-beda, seperti riwayat, hikayat, babad, kidung, atau tambo.

Dalam bahasa Inggris sejarah disebut history, sebuah kata dari bahasa Yunani istoria yang berarti ilmu atau dalam perkembangan selanjutnya diartikan sebagai pengkajian terhadap segala sesuatu mengenai manusia secara kronologis. Dalam bahasa Jerman kata sejarah disebut geschichte yang artinya sesuatu yang telah terjadi. Ada beberapa istilah lain yang setara dengan sejarah atau history, seperti annales, chronika, dan commentarii. Ketiganya digunakan untuk menamakan catatan peristiwa-peristiwa yang tersusun menurut urutan waktu.
  1. Annales atau annals (Inggris), annalen (Belanda), L’annale (Perancis), berasal dari kata annus yang berarti tahun.
  2. Chronika atau cronicle (Inggris), kroniek (Belanda), chronique (Perancis), berasal dari kata chronos yang berarti waktu
  3. Commentarii atau commentary (Inggris), komentaar (Belanda), commentair (Perancis), artinya tafsiran tentang hubungan yang dianggap ada antara peristiwa satu dengan peristiwa lain.

Pengertian Sejarah Menurut Pendapat Para Ahli

1. Herodotus

Sejarawan dari Yunani yang juga dikenal sebagai “bapak sejarah dunia”. Herodotus mengatakan bahwa sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan pasti melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia

2. Ibnu Khaldun

Dalam bukunya Mukadimah mengartikan sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu.

3. Moh. Ali

Dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia mengatakan bahwa sejarah adalah :
  1. Sejumlah perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa dalam kenyataan sekitar kita.
  2. Cerita tentang perubahan, kejadian, peristiwa yang realita.
  3. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan, kejadian, peristiwa yang merupakan realitas tersebut.

Pengertian Sejarah Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang ditulis oleh W.J.S. Poerwodarminto. Sejarah mengandung tiga pengertian yaitu :
  1. Dalam kesusastraan lama disebut sebagai silsilah, asal-usul
  2. Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau
  3. Ilmu pengetahuan, cerita pelajaran tentang kejadian yang benar-benar terjadi pada masa lampau
Dari berbagai pengertian tentang sejarah maka pengertian sejarah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang penting yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Pengertian Sejarah : Secara Etimologi, Menurut Para Ahli, dan Menurut KBBI"