Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komponen Penyusun Ekosistem: Komponen Biotik dan Abiotik

Daftar Isi [Tampilkan]

Komponen Penyusun Ekosistem

Keberadaan makhluk hidup di suatu tempat tergantung dari keadaan lingkungannya. Lingkungan adalah tempat hidup beserta segala sesuatu yang terdapat di sekitarnya. Setiap makhluk hidup membutuhkan lingkungan yang sesuai untuk memperoleh kebutuhan hidupnya.

Tempat makhluk hidup biasa hidup dan berkembang disebut habitat. Makhluk hidup dalam habitatnya senantiasa berinteraksi dengan lingkungannya membentuk suatu ekosistem. Jika daerah dalam kuadran dengan segala sesuatunya merupakan contoh ekosistem, maka ekosistem dapat diartikan sebagai kesatuan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. 

Untuk memperdalam pemahamanmu tentang ekosistem, kamu dapat mempelajari dalam ekologi. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal batik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Istilah ekologi diperkenalkan pertama kali oleh Ernst Haecal pada pertengahan tahun 1866. 

Berdasarkan proses terjadinya ekosistem dibedakan menjadi 2 macam, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Ekosistem alami adalah ekosistem yang terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia. Ekosistem alami sangat bervariasi dan masing-masing memiliki ciri khas, hal ini terjadi karena adanya pengaruh dari faktor suhu, curah hujan, iklim dan lain-lain. Contoh : ekosistem padang pasir, padang rumput, hutan tropis, hutan gugur, taiga, tundra, laut, danau, pantai dan lain-lain. 

Ekosistem buatan adalah ekosistem yang sengaja dibuat oleh manusia. Komponen biotik dalam ekosistem buatan sesuai dengan keinginan si pembuatnya. Contoh : ekosistem sawah, hutan industri, kebun, kolam, akuarium dan lain-lain. 

Komponen biotik 

Cobalah kamu ingat kembali pada saat kamu membuat ekosistem berupa akuarium dari stoples! Makhluk hidup apa saja yang terdapat di dalamnya? Makhluk hidup yang terdapat dalam akuarium stoples terdiri dari Hydrilla dan ikan. Apabila kamu mau mengamati lebih lanjut dengan menggunakan mikroskop ternyata di dalam akuarium tersebut juga terdapat bakteri dan jamur pengurai. Perlu kamu ketahui bahwa Hydrilla, ikan dan bakteri serta jamur pengurai dalam ekosistem merupakan komponen biotik.

Apakah yang dimaksud dengan komponen biotik? Komponen biotik adalah komponen penyusun ekosistem yang terdiri atas makhluk hidup. Makhluk apa sajakah yang termasuk dalam kelompok makhluk hidup? Apakah manusia juga termasuk makhluk hidup? 

Komponen biotik dalam ekosistem membentuk satuan-satuan makhluk hidup yang terdiri dari individu, populasi dan komunitas.

Bagaimana tingkatan makhluk hidup sebagai lingkungan biotik? 

1. Individu

Individu adalah satu makhluk hidup tunggal. Individu merupakan satuan makhluk hidup yang terkecil dalam ekosistem. Contoh : seekor kerbau, satu tanaman rumput, seekor gajah, seekor ikan, satu tanaman Hydrilla, seorang anak laki-laki dan lain-lain. 

Dalam ekosistem, makhluk hidup tidak dapat berdiri sendiri melainkan senantiasa berinteraksi dengan makhluk hidup lain termasuk dengan makhluk hidup sejenis. Interaksi antar makhluk hidup yang sejenis membentuk satuan makhluk hidup yang lebih besar berupa populasi. 

2. Populasi

Populasi adalah sekumpulan individu yang sejenis yang hidup di suatu daerah tertentu pada waktu tertentu. Contoh : sekelompok kerbau di ladang, serumpun rumput gajah di ladang, sekelompok ikan mas di akuarium, serumpun Hydrilla di akuarium, sekeIompok anak di halaman sekolah. Populasi dalam kehidupannya didukung oleh keberadaan lingkungan, semakin baik dukungan yang diberikan oleh lingkungan semakin baik pula pertumbuhan populasi. 

Namun apabila pertumbuhan populasi tidak terkendali akan berpengaruh buruk terhadap kehidupan populasi tersebut serta lingkungan di sekitarnya. Untuk menghindari pengaruh buruk tersebut kepadatan populasi makhluk hidup perlu di atur baik secara alami maupun ada campur tangan manusia. 

Apakah kepadatan populasi itu? Kepadatan populasi adalah angka yang menggambarkan jumlah individu sejenis tiap satuan luas atau volume tertentu pada waktu tertentu. Berapakah kepadatan populasi di kelasmu? Bagaimanakah keadaan kepadatan populasi suatu tempat dari masa ke masa? Faktor apa sajakah yang dapat mengubah kepadatan populasi?

Kepadatan populasi di suatu tempat dari masa ke masa selalu mengalami perubahan, hal ini disebabkan karena dalam populasi tersebut senantiasa terjadi kelahiran, kematian dan perpindahan (migrasi). Perpindahan populasi dibedakan menjadi 2 macam yaitu perpindahan masuk (imigrasi) dan perpindahan keluar (emigrasi).

Menurut pendapatmu dalam keadaan bagaimanakah kepadatan populasi di suatu tempat akan bertambah, dan sebaliknya? Dalam ekosistem interaksi makhluk hidup bukan hanya antar individu sejenis tetapi juga antara populasi yang satu dengan populasi yang lain dan akan membentuk satuan makhluk hidup yang lebih besar berupa komunitas. 

3. Komunitas

Komunitas adalah sekumpulan populasi yang berbeda menempati lingkungan yang sama pada waktu tertentu. Sebutan komunitas berhubungan dengan habitat atau lingkungan tertentu. Contoh: Komunitas kolam di dalamnya terdapat populasi ikan, tumbuhan air, katak, mikroorganisme dan lain-lain. Sebutkan populasi-populasi penyusun komunitas sawah! Komunitas makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungannya membentuk ekosistem. 

4. Ekosistem adalah interaksi komunitas dengan lingkungan abiotik. 

5. Biosfer

Seluruh ekosistem dari berbagai bagian bumi akan membentuk biosfer. Biosfer adalah bagian bumi yang merupakan tempat hidup organisme, meliputi lapisan paling atas bumi, seluruh laut, sungai, danau dan atmosfer di sekitarnya. Cobalah kamu berpikiran ada berapa macamkah ekosistem yang menjadi bagian biosfer? 

Apakah niche/relung itu? 

Bagaimana suatu ekosistem kecil seperti akuarium stoples dapat mendukung bermacam-macam makhluk hidup yang berbeda-beda? Hal ini terjadi karena setiap tipe makhluk hidup dalam ekosistem mempunyai peran yang berbeda-beda. Coba kamu ingat kembali pada ekosistem yang pernah kamu buat pada kolom mari mencoba berupa akuarium stoples, apakah peran Hydrilla? Apakah peran ikan? Peran suatu makhluk hidup dalam ekosistem disebut relung/niche.

Berdasarkan peran atau fungsinya dalam ekosistem, komponen biotik dibedakan menjadi 3 macam, yaitu produsen, konsumen dan pengurai. 

1. Produsen

Produsen adalah kelompok makhluk hidup yang di dalam ekosistem berfungsi sebagai penghasil bahan organik (zat makanan). Dalam ekosistem yang telah kamu buat, makhluk hidup apakah yang berperan sebagai produsen? Mengapa demikian? 

Makhluk hidup yang berfungsi sebagai produsen dalam ekosistem adalah tumbuh-tumbuhan yang memiliki zat hijau daun (klorofil), karena dengan adanya klorofil dapat membentuk zat makanan sendiri dari zat-zat anorganik berupa air dan karbondioksida melalui proses fotosintesis dengan bantuan energi cahaya matahari. Coba kamu sebutkan makhluk hidup yang termasuk produsen di sekitarmu! 

2. Konsumen

Konsumen adalah kelompok makhluk hidup yang dalam ekosistem berfungsi sebagai pemakai atau pemakan. Dalam ekosistem yang telah kamu buat, makhluk hidup apakah yang berperan sebagai konsumen? Mengapa demikian?

Makhluk hidup yang termasuk konsumen dalam ekosistem adalah makhluk hidup yang tidak dapat membentuk makanan sendiri, makanan yang digunakan untuk aktivitas hidupnya berasal dari makanan yang dibentuk oleh produsen baik langsung maupun tidak langsung. Contoh : hewan, manusia, dan tumbuhan insektivor.

Berdasarkan jenis makanannya, konsumen dibedakan menjadi 3 macam. Makhluk hidup yang mengonsumsi hanya tumbuhan atau produsen disebut herbivor, makhluk hidup yang mengonsumsi konsumen lain disebut karnivor dan makhluk hidup yang mengonsumsi produsen dan konsumen lain disebut omnivor. Bagaimana pendapat kamu tentang gigi pada herbivor, karnivor dan omnivor! 

Sebutkan contoh masing-masing dari ketiga macam hewan tersebut! 

Berdasarkan tingkatan makanannya konsumen, dibedakan 

  • Konsumen tingkat pertama (konsumen primer) merupakan kelompok konsumen yang memperoleh makanan langsung dari produsen. 
  • Konsumen tingkat dua (konsumen sekunder) merupakan konsumen yang memperoleh makanan dari konsumen tingkat pertama, 
  • Konsumen tingkat ketiga (konsumen tersier) merupakan kelompok konsumen yang memperoleh makanannya dari konsumen tingkat kedua

Menurut pendapatmu manusia termasuk dalam konsumen yang mana! Mengapa demikian? 

3. Pengurai/dekomposer 

Pernahkah kamu melihat daun-daun jatuh dari dahannya? Setelah jatuh di tanah bagaimana keadaan daun tersebut? Tentunya daun-daun tersebut akan membusuk dan hancur. Kamu telah menyaksikan proses penting dalam ekologi yaitu peristiwa penguraian substansi organik.

Penguraian merupakan proses penting dalam ekosistem karena di dalamnya terjadi proses daur ulang nutrisi untuk kembali ke dalam tanah sehingga dapat dimanfaatkan oleh organisme lain. Aktivitas ini dilakukan oleh sekelompok makhluk hidup yang dalam ekosistem berperan sebagai pengurai (dekomposer) 

Pengurai (dekomposer) adalah kelompok makhluk hidup yang dalam ekosistem berperan menguraikan sisa-sisa makhluk hidup (substansi organik) menjadi mineral tanah yang dapat dimanfaatkan kembali oleh makhluk hidup lain khususnya produsen. Makhluk hidup yang termasuk pengurai adalah bakteri dan jamur pengurai. Bagaimana prediksimu jika di dalam ekosistem tidak terdapat pengurai? 

Apakah perbedaan organisme autotrof dan heterotrof?

Komponen biotik berdasarkan sumber makanannya dibedakan menjadi 2 macam, yaitu organisme autotrof dan heterotrof Tahukah kamu tentang organisme autotrof dan heterotrof? Makhluk hidup mana yang termasuk di dalamnya? Bagaimana peranannya dalam ekosistem? 

1) Makhluk hidup autotrof

Manusia dan makhluk hidup yang lain sangat tergantung pada tumbuhan yang berhijau daun untuk kelangsungan hidupnya. Mengapa demikian? Matahari merupakan sumber semua energi yang tersedia pada seluruh ekosistem dan hanya tumbuhan berhijau daun yang mampu menangkap energi matahari untuk membentuk zat makanan dari bahan-bahan anorganik seperti air dan karbondioksida melalui proses fotosintesis 

Bagian apakah yang berperan untuk menangkap energi matahari padatu buhan yang berhijau daun? 

Autotrof adalah makhluk hidup yang dapat menyusun makanan sendiri. berdasarkan energi yang digunakan dalam penyusunan makanan, organisme, autotrof dibedakan menjadi 2 macam, yaitu 

  • fotoautotrof dalam penyusunan makanan menggunakan energi matahari, terjadi pada tumbuhan yang berhijau daun
  • kemoautotrof, dalam penyusunan makanan menggunakan energi kimia, terjadi pada bakteri zat lemas dan bakteri belerang. 

2) Makhluk hidup heterotrof

Manusia, hewan dan beberapa tumbuhan (misal: tali putri) tidak mampu membentuk zat makanan sendiri, Bagaimana cara makhluk hidup tersebut memperoleh makanannya? Makhluk hidup yang tidak mampu menyusun zat makanan sendiri untuk kebutuhan hidupnya disebut organisme heterotroph.

Organisme heterotrof dalam hidupnya sangat tergantung pada organisme autotrof. Cobalah kamu perhatikan makhluk hidup yang terdapat di sekitar, kamu atau bahkan yang ada di dalam tubuhmu! Bagaimanakah cara manusia mendapatkan zat makanan? Bagaimanakah cara bakteri pembusuk mendapatkan zat makanan? (Ingat bakteri yang terdapat dalam usus besar kita), bagaimanakah cara cacing perut mendapatkan makanan? 

Berdasarkan cara memperoleh makanannya organisme heterotrof dibedakan menjadi 3 macam yaitu 

  • Fagotrof adalah makhluk hidup yang cara memperoleh makanannya dengan memakan. Sebutkan contoh makhluk hidup fagotrof! 
  • Saprofit adalah makhluk hidup yang cara memperoleh makanannya dengan mengurai sisa-sisa makhluk hidup. Sebutkan contoh makhluk hidup saprofit! 
  • Parasit adalah makhluk hidup yang cara memperoleh makanannya dengan mengambil zat-zat makan dan yang terdapat dalam makhluk hidup lain.Sebutkan contoh-contoh makhluk hidup parasit! 

Lingkungan abiotik

Komponen penyusun ekosistem yang terdiri dari benda mati disebut komponen abiotik. Adakah pengaruh komponen abiotik terhadap komponen biotik? Kalau kamu mau mengamati lebih teliti ternyata komponen abiotik menentukan jenis dan jumlah makhluk hidup yang ada di dalamnya. Agar lebih memahami tentang komponen abiotik pelajarilah dengan lebih rinci beberapa komponen abiotik berikut! 

1. Tanah. 

Tanah adalah salah satu komponen abiotik yang dapat mempengaruhi tumbuhan dan makhluk hidup lain dalam ekosistem. Tanah tersusun dari komponen-komponen tanah yang terdiri atas mineral, air, udara dan bahan organik. Kondisi tanah dalam ekosistem menentukan jenis tumbuhan yang hidup di atasnya, jenis tumbuhan yang hidup di atas tanah menentukan jenis hewan yang hidup dalam lingkungan tersebut. Samakah komponen biotik yang terdapat dalam ekosistem padang pasir dengan ekosistem padang rumput? Jelaskan!

2. Air 

Banyak orang yang menyatakan lebih baik telat makan daripada telat minum. Mengapa demikian? Air merupakan komponen terbesar penyusun makhluk hidup. Pada manusia ± 2/3 berat tubuh terdiri dari air. Air membantu seluruh makhluk hidup dalam melakukan proses-proses penting dalam hidupnya seperti pelarut zat, pencernaan makanan dan untuk makhluk hidup tertentu berfungsi sebagai habitat Air memegang peranan penting dalam ekosistem. Jumlah air yang tersedia dalam ekosistem dapat dilihat dari beberapa makhluk hidup yang dapat hidup dalam lingkungan tersebut. 

3. Sinar matahari 

Matahari merupakan sumber energi utama untuk seluruh organisme di muka bumi. Tanpa matahari tumbuh-tumbuhan hijau tidak mampu melakukan fotosintesiss Hal ini menyebabkan oksigen di udara dan zat makanan bagi kehidupan tidak tersedia. Selain itu matahari sangat besar pengaruhnya terhadap perubahan suhu lingkungan yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan organisme. Diskripsikan akibat apa yang terjadi jika dalam ekosistem kita tidak terdapat matahari? 

4. Udara 

Semua makhluk hidup memerlukan udara untuk aktivitas hidupnya. Beberapa unsur yang dibutuhkan makhluk hidup diperoleh dari udara. Karbondioksida (C02) merupakan sumber karbon yang selalu diambil oleh tumbuhan dari udara sebagai bahan dasar fotosintesis, Oksigen yang digunakan untuk oksidasi biologis oleh makhluk hidup aerob dalam rangka membentuk energi juga diambil dari udara.

5. Suhu 

Semua makluk hidup membutuhkan suhu tertentu baik suhu lingkungan maupun suhu tubuh. Suhu lingkungan sangat menentukan jenis makhluk hidup yang berada di dalamnya. Suhu lingkungan dipengaruhi oleh pancaran sinar matahari, Sinar matahari tidak semuanya sampai dipermukaan bumi, sebagian diserap oleh atmosfer, sebagian oleh awan, sebagian oleh tumbuhan, dan sebagian besar dipantulkan kembali ke angkasa. Di dalam ekosistem di antara komponen-komponen penyusunnya senantiasa terjadi hubungan timbal balik sehingga akan membentuk suatu siklus dan siklus inilah yang dapat menjamin terciptanya ekosistem yang seimbang 

Dalam ekosistem, komponen biotik senantiasa tergantung pada komponen abiotik, tetapi komponen abiotik tidak selalu tergantung pada komponen biotik. Tahukah kamu komponen abiotik yang tidak tergantung pada komponen biotik? Silahkan kamu mengamati tentang cahaya matahari dan gaya gravitasi bumi!