Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beriman kepada Malaikat Menurut Ahlussunnah Wal Jamaah

Daftar Isi [Tampilkan]

Ahlussunnah wal jamaah mempercayai bahwa ada malaiat yang diciptakan dari nur (cahaya), Bernama malaikat. Malaikat jumlahnya banyak dan tidak terhitung. Tetapi umat Islam hanya diwajibkan mengetahui 10 malaikat yang utama beserta tugas-tugasnya, yaitu:

1. Malaikat Jibril tugasnya menyampaikan wahyu kepada nabi dan rasul Allah

Berdasarkan petunjuk al Qur'an dan Hadis, sepeninggal Rasulullah Saw. malaikat Jibril sudah tidak turun lagi ke dunia untuk menyampaikan wahyu kepada para Nabi dan Rasul. Kalau pun Jibril turun ke dunia lagi, bukan untuk urusan menyampaikan wahyu tetapi untuk urusan yang lain. Karena Nabi Muhammad Saw adalah nabi dan rasul terakhir (khatamun nabiyyin). Setelah beliau, tidak ada nabi dan rasul lagi. 

Fenomena akhir jaman ini, ternyata masih ada orang yang meyakini bahwa setelah Nabi Muhammad masih ada nabi lagi. Ada orang yang sebelumnya tidak dikenal tiba-tiba mengaku mendapat wahyu dari malaikat Jibril. Orang tersebut dengan gampangnya mengaku sebagai nabi. Pengakuan mereka jelas bertentang dengan petunjuk al Qur'an dan Hadis. 

2. Malaikat Mikail, tugasnya menyampaikan soal-soal kesejahteraan umat, seperti mengantar hujan, angin, cuaca dan kesuburan tanah. 

3. Malaikat Israfil, tugasnya meniup sangkakala (terompet super jumbo) pada hari kiamat. Sangkala yang dipegang malaikat Israfil pada saat.nya nanti akan ditiup tiga kali: 

  • Tiupan pertama untuk memberikan kejutan bagi seluruh penghuni alam raya. 
  • Tiupan kedua untuk menghancurkan seluruh makhluk. 
  • Tiupan ketiga untuk membangkitkan kembali kehidupan manusia dari alam kuburnya masing-masing. 

4, Malaikat Izrail, tugasnya mencabut nyawa dari setiap jasad makhluk hidup. Jika Izrail sudah ditugaskan mencabut nyawa seseorang, maka kematian itu tidak dapat diajukkan atau ditunda sedetikpun.

5. Malaikat Munkar dan 

6. Malaikat Nakir, tugasnya mendatangi setiap manusia yang meninggal setelah dikuburkan. Kapan waktunya? Yaitu, ke-duanya akan datang di kuburan ketika pelayat terakhir sudah meninggalkan lokasi kuburan dengan tujuh langkah dari kuburan si mayit.

7. Malaikat Rakib, tugasnya mencatat amal baik yang dikerjakan manusia

8. Malaikat Atid, tugasnya mencatat amal buruk yang dikerjakan manusia. 

9. Malaikat Malik, tugasnya menjaga neraka.

10. Malaikat Ridhwan, tugasnya menjaga surga.