Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-Ciri Porifera Beserta Cara Reproduksi, Klasifikasi dan Manfaatnya

Konten [Tampil]
Porifera sulit dikenali sebagai hewan. Filum Porifera disebut juga hewan spons. Porifera memiliki sekitar 10.000 spesies yang kebanyakan hidup di air laut. Hewan ini merupakan hewan sessile (hidup melekat pada substrat)

Ciri-Ciri Porifera

  1. Hewan multiseluler (multi: banyak, seluler: sel). Habitat di air laut
  2. Tubuh asimetrik (tidak memiliki bidang pembelahan yang sama besar)
  3. Tidak mempunyai organ mata, kepala, mulut, usus, dan saraf
  4. Memiliki rongga tubuh (spongosol) dan lubang keluar (oskulum)
  5. Memiliki sel corong (koanosit) yang peka terhadap rangsang
  6. Tubuhnya tersusun atas jaringan diploblastik (memiliki dua lapisan jaringan), yaitu lapisan luar dan dalam. Lapisan luar, terdiri dari sel-sel epidermis (pinakosit). Adapun lapisan dalam (endodermis), tersusun oleh sel-sel leher (koanosit). Koanosit berfungsi untuk mencerna makanan
  7. Diantara epidermis dan endodermis terdapat lapisan tengah (masenkim) yang tersusun oleh sel-sel menyerupai amoeba (amoebosit) dan bahan pembentuk rangka tubuh.
  8. Bahan-bahan pembentuk rangka tubuh ada dua macam, yaitu spikula dan spongin. Spikula tersusun dari zat kapur atau zat kersik/silikat. Spongin tersusun dari protein.

Reproduksi Porifera

Porifera bereproduksi melalui dua cara, yaitu secara generatif dan vegetatif
  1. Reproduksi generatif, yaitu dengan sel-sel kelamin yang dihasilkan oleh sel amoeboid. Porifera termasuk hewan monoesius atau hermafrodit karena dalam satu tubuh bisa menghasilkan dua sel kelamin sekaligus.
  2. Reproduksi vegetatif dengan pembentukan tunas ataupun kuncup. Apabila Porifera berada dalam lingkungan yang kering, maka akan membentuk gemmule atau kuncup dalam yang nantinya juga bisa tumbuh menjadi individu baru.

Klasifikasi Porifera

1. Calcarea

Calcarea, spikula tersusun dari zat kapur atau kalsium. Tipe saluran airnya asconoid. Contoh Grantia sp, dan Leucosolenia sp.

2. Hexactinellida

Spikula tersusun dari silikat/kersik. Tipe saluran airnya syconoid. Contoh Pheronema so., Euplectella so., dan Hyalonema sp.

3. Demospongiae

Spikula tersusun dari silikat dan spongin atau spongin saja. Tipe saluran airnya syconoid atau leuconoid. Contoh Euspongia sp., Spongilla so., dan Euplexaura antipathies (akar bahar)

Manfaat Porifera

Tubuh Porifera yang sudah mati dapat dimanfaatkan sebagai penggosok ketika mandi ataupun mencuci. Selain itu, dapat juga dimanfaatkan sebagai hiasan yang ada pada akuarium.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Ciri-Ciri Porifera Beserta Cara Reproduksi, Klasifikasi dan Manfaatnya"