Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan pengertian dari pengolahan pangan?

Daftar Isi [Tampilkan]

 Pengolahan pangan adalah proses yang mengubah bahan baku makanan dan minuman, baik dari sumber tumbuhan maupun hewan, menjadi produk yang siap dikonsumsi. Proses ini melibatkan berbagai teknik dan metode, seperti memasak, menggoreng, menggula-gula, dan lain-lain, untuk meningkatkan keamanan, keamanan, keindahan, dan kualitas makanan. Pengolahan pangan juga dapat mencakup proses pengawetan untuk meningkatkan durabilitas makanan.

Teknik pengolahan pangan yang umum termasuk:

  1. Merebus: Memasak dalam air mendidih pada 100°C.
  2. Poaching: Merebus di bawah titik didih dengan cairan yang terbatas.
  3. Braising: Merebus dengan cairan sedikit dalam panci penutup dengan api kecil.
  4. Stewing: Menggulai dengan susu, santan, atau kaldu.
  5. Steaming: Memasak dengan uap air mendidih.
  6. Simmering: Memasak dengan sauce atau bahan cair lainnya yang didihkan dahulu.

Pengolahan pangan tidak hanya penting untuk membuat makanan enak dan menarik secara estetika, tetapi juga untuk memastikan bahwa makanan aman dan nyaman untuk dikonsumsi.


Source: 

(1) Pengolahan makanan - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Pengolahan_makanan.

(2) 12 Teknik Pengolahan Pangan beserta Penjelasannya. https://kumparan.com/ragam-info/12-teknik-pengolahan-pangan-beserta-penjelasannya-21aW7Dd6Kph.

(3) Teknologi pengolahan pangan - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia .... https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Pengolahan_Pangan.

(4) Pengolahan Bahan Pangan: Maksimalkan Nutrisi dan Kualitas. https://artikelpendidikan.id/apa-yang-dimaksud-dengan-pengolahan-bahan-pangan/.