Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ikhtiar Adalah: Definisi, Dalil, dan Contohnya

Konten [Tampil]
Islam mendidik umatnya agar berikhtiar secara maksimal sesuai kemampuannya dan tidak membenarkan hanya bertopang dugu atau menunggu nasib, karena Allah menentukan keberhasilan seseorang itu tergantung kepada hasil usahanya.

Pengertian Ikhtiar

Secara bahasa kata ikhtiar berasal dari bahasa Arab اءختار – يختار - اءختيارا (Ikhtiyaaron – yakhtaru - ikhtaaru) artinya memilih.

Selanjutnya ikhtiar diartikan berusaha, karena pada hakekatnya orang yang berusaha berarti melakukan pilihan, dengan alasan kecocokan, karena keuntungan atau pertimbangan lain. Misal : memilih bekerja, memilih sekolah, dan lain-lain.

Secara istilah ikhtiar adalah melakukan suatu kegiatan dengan maksud untuk memperoleh hasil yang dikehendaki.

Baca Juga : Pengertian Qonaah

Nabi pernah menyuruh orang yang sakit untuk berobat agar dapat segera sembuh. Orang yang sakit tidak dibenarkan menyerah saja kepada Allah tanpa berusaha mencari obat.

Dalil Perintah untuk Berikhtiar

Dalam Al-Qur’an maupun Hadits banyak dijumpai perintah agar manusia berikhtiar, baik yang bersifat tegas maupun hanya merupakan motivasi. Firman Allah dalah surat Jumu’ah ayat 10 :
فَإِذَا قُضِيَتِ ٱلصَّلَوٰةُ فَٱنتَشِرُواْ فِى ٱلۡأَرۡضِ وَٱبۡتَغُواْ مِن فَضۡلِ ٱللَّهِ وَٱذۡكُرُواْ ٱللَّهَ كَثِيرً۬ا لَّعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُونَ (١٠)
Artinya : Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. (QS. Al-Jumu'ah : 10)
Sabda Rasulullah yang artinya :
"Sungguh sekiranya salah seorang diantara kamu membawa talinya (untuk mencari kayu bakar), kemudian ia kembali dengan membawa seikat kayu di atas punggungnya, lalu ia jual sehingga Allah mencukupi kebutuhannya (dengan hasil itu) adalah lebih baik dari pada meminta-minta kepada manusia baik mereka (yang diminta memberi atau yang menolaknya)" (HR. Bukhari).
"Bekerjalah untuk duniamu seakan-akan kamu hidup selama-lamanya dan berkerjalah (beribadahlah) untuk akhiratmu seakan-akan kamu mati besok" (HR. Asyakir)

Contoh Ikhtiar

  1. Pak Zaim adalah salah satu dari anggota Majlis Ta’lim. Suatu ketika ia menghadiri pengajian di majlis ta’lim dan mubalighnya menerangkan sebuah hadits yang menyatakan bahwa mencari kayu bakar ke gunung kemudian dijual untuk memenuhi kebutuhan hidupnya itu lebih baik dari pada meminta-minta kepada orang lain. Rupanya pak Zaim termotivasi dengan keterangan mubaligh tersebut, sehingga pak Zaim giat bekerja dengan sungguh-sungguh demi memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.
  2. Dalam riwayat disebutkan, tatkala rombongan sahabat Nabi dalam perjalanan ke Syiria di tengah perjalanan tersiar kabar bahwa di daerah Syiria sedang terjangkit wabah penyakit berbahaya. Setelah mempertimbangkan manfaat dan madharatnya maka Khalifah Umar bin Khattab memutuskan agar rombongan tersebut tidak meneruskan perjalanan ke Syiria, untuk menghindari tertularnya wabah penyakit berbahaya.
  3. Hasan belum lancar membaca Al-Quran sehingga nilai yang ia capai tidak tuntas. Karena merasa dirinya tidak bisa dan malu kepada teman-temannya, maka ia mengikuti belajar di TPQ. Dengan motivasi yang tinggi akhirnya Hasan sudah lancar dan tartil dalam membaca Al-Qur’an.

Dampak Positif Ikhtiar

Adapun dampak positif ikhtiar antara lain sebagai berikut :
  1. Adanya kepuasan batin
  2. Bersikap hemat dalam hidup
  3. Terhormat dalam pandangan Allah dan manusia karena sikap perwira yang dimiliki

Membiasakan diri berikhtiar

Dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup, maka manusia harus membiasakan diri dengan berikhtiar secara sungguh-sungguh dan maksimal. Oleh karena itu sebagai seorang muslim dalam menjalani hidup ini maka hendaknya :
  1. Giat dan semangat melakukan suatu usaha
  2. Tekun dalam melaksanakan tugas yang diamanahkan
  3. Pandai dalam memanfaatkan waktu
  4. Tidak mudah putus asa
  5. Inovatif (berusaha dengan cara yang baru) dalam mewujudkan usaha

Kesimpulan

Ikhtiar adalah melakukan suatu kegiatan dengan maksud untuk memperoleh hasil yang dikehendaki. Perintah berikhtiar bisa dilihat dalam dalil Al-Qur’an  pada surat Al-Jumu’ah ayat 10, dimana manusia tidak disuruh berikhtiar agar mendapatkan keberuntungan di muka bumi ini. Sikap ikhtiar mempunyai dampak positif antara lain mendapatkan kepuasan batin dan dapat mempunyai sikap hemat dalam hidup.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Pengertian Ikhtiar Adalah: Definisi, Dalil, dan Contohnya"