Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gambaran Umum Mengenai Vitamin B5 Beserta Perannya

Daftar Isi [Tampilkan]
Gambaran Umum Mengenai Vitamin B5 Beserta Perannya


Vitamin B5 juga dikenal sebagai Asam Pantotenat. Vitamin B5 adalah yang paling produktif dari semua vitamin dan ditemukan di setiap jenis makanan. Bahkan, tidak mungkin bagi seseorang untuk mengkonsumsi vitamin B5 lebih sedikit dari yang mereka butuhkan. Itu berarti bahwa tidak ada kemungkinan kecil bahwa seseorang dapat memiliki kekurangan vitamin B5. Untuk alasan ini, sebenarnya tidak ada jumlah harian yang direkomendasikan yang dapat dinyatakan oleh profesional kesehatan karena setiap orang memperoleh lebih dari cukup dari konsumsi makanan normal mereka. Namun, meskipun tidak perlu menghitung konsumsi harian yang direkomendasikan itu tidak berarti bahwa vitamin B5 tidak vital untuk tubuh dan pikiran yang sehat. Faktanya, vitamin B5 sangat penting untuk mengubah makanan menjadi energi di antara fungsi-fungsi lainnya. Vitamin B5 bertanggung jawab untuk mengambil lemak dan karbohidrat menjadi energi.

Beberapa vitamin B5 dapat ditemukan di hampir setiap makanan baik itu hewani maupun nabati. Jelas ada beberapa sumber vitamin B5 yang lebih baik daripada yang lain tetapi diet seimbang akan memberikan lebih dari cukup. Makanan dengan kandungan vitamin B5 tertinggi adalah daging organ, salmon, telur, kacang-kacangan, susu, dan biji-bijian. Perlu dicatat bahwa vitamin B5 hilang ketika biji-bijian digiling menjadi tepung dan cenderung tidak diolah kembali. Oleh karena itu, makanan olahan biji-bijian seperti roti, pasta, nasi, sereal sarapan, dan makanan yang dipanggang bukanlah sumber vitamin B5 yang baik

Vitamin B5 adalah yang paling efektif ketika dikombinasikan dengan vitamin B lainnya terutama thiamin atau B1, riboflavin atau B2, niasin atau B3, piridoksin atau B6, dan biotin. Seiring dengan vitamin B lainnya, vitamin B5 merupakan bagian integral dalam sejumlah proses. Yang paling penting dari ini adalah produksi energi dari makanan yang dikonsumsi dan ini dikenal sebagai siklus Kreb. Vitamin B5 juga diperlukan untuk melepaskan energi dari lemak.

Menariknya, vitamin B5 juga dianggap membantu mengurangi stres. Hal ini terutama disebabkan oleh kenyataan bahwa selama periode stres, tubuh memproduksi lebih banyak hormon tertentu seperti adrenalin dan ini membutuhkan vitamin B5. Ada banyak teori tentang manfaat vitamin B5 tetapi tidak perlu bagi mayoritas orang untuk secara aktif mencari makanan yang tinggi dalam B5 karena mereka cenderung sudah mengkonsumsi jauh lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Tidak ada efek samping dari terlalu banyak mengonsumsi vitamin B5.