Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Jenis Vitamin B Kompleks dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Daftar Isi [Tampilkan]
Ada banyak diskusi tentang vitamin B kompleks dan manfaat yang sangat penting bagi tubuh. Namun, vitamin B kompleks bukan hanya satu vitamin, seperti namanya. Sebenarnya ada delapan vitamin B yang ada dalam vitamin B kompleks serta beberapa zat terkait lainnya. Delapan vitamin yang membentuk vitamin B kompleks adalah tiamin atau vitamin B1, riboflavin atau vitamin B2, niasin atau vitamin B3, piridoksin atau vitamin B6, kobalamin atau vitamin B12, asam folat, asam pantotenat dan biotin. Zat terkait lainnya yang juga ada dalam vitamin B kompleks termasuk kolin, inositol, dan asam para-aminobenzoat.

Setiap bagian dari vitamin B kompleks melakukan fungsi individualnya sendiri di dalam tubuh tetapi ketika mereka bekerja bersama sebagai vitamin B kompleks, Vitamin B Kompleks memberikan pemeliharaan penting agar tubuh tetap sehat. Vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B yang larut dalam air dan sangat penting jika vitamin ini dikonsumsi setiap hari. Tubuh tidak dapat menyimpan vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B kompleks dan ini menyebabkan asupan teratur diperlukan.

Vitamin B kompleks sangat bermanfaat dan dibutuhkan dalam beberapa kondisi tertentu di kehidupan seseorang. Tentu saja, ada rekomendasi untuk vitamin B kompleks yang bervariasi sesuai dengan jenis kelamin dan usia seseorang. Namun, dokter dan profesional kesehatan lainnya telah menemukan manfaat dari meningkatkan asupan vitamin B kompleks untuk membantu mengatasi penyakit tertentu.

Banyak orang menderita kecemasan dan stres pada satu waktu atau yang lain dan penelitian telah menemukan bahwa vitamin B kompleks dapat bermanfaat dalam membantu meringankan gejala kecemasan dan stres. Jika seseorang tidak sehat, vitamin B kompleks bisa sangat berperan dalam membantu proses pemulihan. Kelelahan dapat menjadi gejala dari banyak penyakit serta hal-hal yang berlebihan tetapi vitamin B kompleks dapat membantu mengurangi kelelahan umum dan kelesuan.

Menariknya, beberapa kondisi kulit, seperti dermatitis, juga dapat memperoleh manfaat dari penambahan asupan vitamin B kompleks. Bahkan, sejumlah krim dan preparat kulit lainnya mengandung vitamin B kompleks tambahan yang dapat diserap oleh kulit untuk meringankan kondisi tersebut. Kondisi rambut seseorang juga akan sangat meningkat dengan asupan vitamin B kompleks yang cukup.