Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Manfaat yang Dimiliki Vitamin C Untuk Tubuh

Daftar Isi [Tampilkan]
Berbagai Manfaat Yang Dimiliki Vitamin C Untuk Tubuh

Vitamin c menjadi vitamin yang paling dikenal saat ini. Tidak mengherankan karena tubuh membutuhkan vitamin c untuk lebih dari 300 fungsi. Faktanya, vitamin c telah terbukti membantu melindungi terhadap penyakit jantung, kanker dan penyakit serius lainnya. Tanpa vitamin c, tubuh juga tidak akan dapat menyembuhkan dirinya sendiri. Ini karena vitamin c sangat penting untuk pembentukan kolagen. Setiap kali seseorang memiliki luka atau cedera, itu adalah kolagen yang membantu memperbaiki kerusakan dan tanpa vitamin c yang mencukupi ini hampir mustahil. Kolagen memiliki banyak fungsi dalam tubuh, termasuk menjaga organ tetap di tempatnya dan tidak akan dapat melakukannya tanpa vitamin c yang cukup.

Vitamin c juga merupakan antioksidan bagi tubuh dan membantu vitamin dan mineral lainnya untuk diserap lebih baik. Asam folat dan zat besi, misalnya, membutuhkan vitamin c untuk memaksimalkan kegunaannya. Semakin banyak vitamin c yang dimiliki tubuh, semakin baik pertahanannya melawan pilek dan penyakit umum lainnya dan vitamin c mungkin tidak mencegah seseorang tertular virus tetapi dapat membantu mempercepat proses pemulihan.

Ada vitamin c di hampir setiap buah dan sayuran tetapi beberapa memiliki kandungan vitamin c yang jauh lebih tinggi daripada yang lain. Cranberry dan melon memiliki kandungan vitamin c yang tinggi. Faktanya, buah tropis memiliki jumlah vitamin c tertinggi dari semua buah. Cabai adalah salah satu sumber terkaya vitamin c dalam hal sayuran. Semakin pedas lada, semakin tinggi kandungan vitamin c-nya. Sayangnya, vitamin c larut dalam air sehingga banyak sayuran kehilangan efektivitasnya sebagai penyedia vitamin c jika mereka direbus dalam waktu lama. Sayuran dengan dimasak secara kukus atau tumis kandungan vitamin c masih bisa dipertahankan. Jumlah vitamin C harian yang disarankan mudah diperoleh dari makan lima porsi buah dan sayuran sehari jika dikonsumsi mentah atau dimasak dengan baik.

Suplemen vitamin C sangat berguna untuk memastikan bahwa orang mendapatkan vitamin c yang cukup. Namun, dengan diet seimbang jumlah vitamin c yang diterima tubuh cenderung mencukupi. Namun, jika seseorang mulai merasa lelah atau lesu maka suplemen vitamin c akan membantu mengatasi hal ini. Tidak ada bahaya memiliki terlalu banyak vitamin c karena tubuh hanya mengeluarkan kelebihannya.