Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengatasi Insomnia Yang Bisa Dilakukan Sendiri Di Rumah

Daftar Isi [Tampilkan]

5 tips bagaimana caranya agar anda dapat tidur nyenyak di malam hari dan dapat mengurangi insomnia anda. Kita semua pasti pernah mengalami yang namanya sulit tidur di malam hari. Mungkin ada yang mengalami susah tidur, terbangun ketika tidur di malam hari, dan ada juga yang bangun lebih awal. Padahal belum saatnya untuk bangun tidur, Mungkin anda terbangun pada saat jam 2 atau jam 3 dini hari. Jika masa-masa ini anda alami dalam jangka panjang, anda mengalami masa sulit tidur dalam jangka panjang dan mengganggu aktivitas anda pada siang hari. Hal ini mengganggu proses berpikir anda sehingga anda tidak dapat berpikir jernih, maka sebenarnya anda telah mengalami insomnia

Gangguan susah tidur ini sendiri di Indonesia sangat banyak kasusnya. Data dari Google Knowledge Graph bahwa di Indonesia terdapat kurang lebih 2 juta kasus per tahunnya. Dan ini cukup banyak. Dan inilah yang terdaftar di data. Bagaimana dengan mereka-mereka yang tidak terdata? Pasti jumlahnya lebih daripada ini.

insomnia yang berlangsung lama dapat menyebabkan penyakit jantung, gangguan pencernaan seperti GERD (gastroesophageal reflux disease), Kemudian dapat menyebabkan penyakit kronis, dapat menyebabkan cemas berlebihan, bahkan dapat menyebabkan kecanduan obat-obatan. Untuk itu, artikel ini muncul agar kita semua dapat mengubah pola hidup kita. Ada suatu kondisi dimana seseorang yang tidur di malam hari tiba-tiba terbangun. Dan ketika mereka terbangun, nafas mereka terasa terengah-engah. Hal ini disebut dengan Sleep Apnea. Dan menurut data, ada lebih dari 150.000 kasus di Indonesia tentang orang yang mengalami sleep apnea. Sleep apnea adalah dimana mereka mengalami henti napas saat tidur kurang lebih sekitar 60 sampai 90 detik. Dan hal ini sangat berbahaya sekali bagi anda yang menderita penyakit jantung. Bayangkan jika jantung anda tidak mendapatkan suplai oksigen. Otomatis bisa meninggal secara mendadak. Dan saran bagi anda yang mengalami hal-hal seperti ini, terbangun di malam hari dengan nafas tersengal-sengal atau terengah-engah, anda harus segera berkonsultasi dengan dokter anda Atau anda harus segera ke Rumah Sakit untuk memeriksakan kesehatan anda.

Berikut penjelasan dari Traditional Chinese Medicine atau pengobatan tradisional China. Dari sisi TCM (Traditional Chinese Medicine), malam hari disebut Yin. Jadi di TCM ada Yin dan Yang. Dimana tubuh kita melakukan proses pemulihan diri atau recovery. Sepanjang hari, tubuh kita telah bekerja Maka saatnya di malam hari tubuh melakukan proses recovery atau regenerasi. Dan itu berlangsung secara otomatis, tanpa kita kendalikan. Jadi bukan berdasarkan keinginan kita. Mungkin keinginan anda adalah “saya ingin menonton film Korea di malam hari” Atau “saya ingin bermain game DOTA/game apapun di malam hari”. Itulah keinginan anda. Tetapi keinginan tubuh anda adalah beristirahat untuk meregenerasi sel-sel di dalam tubuh anda. Untuk mencapai tidur yang nyenyak dan nyaman, anda memerlukan hati dan spiritual yang tenang. Dimana jika hati dan spiritual tenang, maka organ-organ anda dapat bekerja dengan baik Dapat mencerna & memproses nutrisi yang anda makan pada hari itu

Depresi, khawatir dan cemas berlebihan akan berdampak pada organ-organ di dalam tubuh anda. Dan organ-organ yang rentan mengalami kerusakan atau terbebani adalah organ-organ seperti hati, limpa, dan jantung anda. Untuk itu banyak dari mereka yang jika mendengarkan kabar buruk atau mendengar kabar yang tidak baik, atau emosi terganggu maka mereka mudah mengalami serangan jantung. Karena organ-organ tadilah yang akan terbebani.

Insomnia sendiri sering dijumpai terjadi pada wanita yang telah berusia di atas 40 tahun. Mereka mengalami yang namanya pre-menopause syndrome. Jadi mereka mempunyai keluhan jantung sering berdebar, hot flashes, sulit tidur, dan ketika tidur malam sering berkeringat.

Jadi, disini akan membahas apa yang dapat anda lakukan di rumah jika anda mengalami gangguan tidur atau insomnia.

Konsumsi Makanan Real Food

Yang pertama adalah seperti biasanya. Yaitu pilihlah makanan yang sebenarnya atau real food. Yaitu makanan tanpa proses pengolahan, tanpa diberi pengawet, pewarna, dan pemanis buatan. Jadi makanan yang dimaksud adalah seperti buah-buahan, sayur-sayuran segar, dan biji-bijian itu baik untuk kesehatan anda. Kemudian anda juga boleh melakukan tips saya berikut ini : Anda jangan makan 3 jam sebelum tidur. Jadi 3 jam sebelum tidur anda sudah berhenti makan. Karena jika anda terlalu kenyang, anda sulit untuk tidur. Anda sulit untuk berbaring, rasanya sesak di dada jika anda terlalu kenyang.

Meditasi Ketika Sulit Tidur

Kemudian yang kedua adalah anda boleh melakukan meditasi ketika anda sulit tidur. Jernihkan pikiran anda, karena pikiran manusia bila diibaratkan seperti monyet yang liar. Jadi pikiran bisa berkeliaran. Mungkin anda sudah mencoba menutup mata, tetapi pikiran anda kesana kemari. Mungkin mikir hutang, mikir keluarga, mikir anak atau mikir istri. Anda bisa bermeditasi sejenak untuk menjernihkan pikiran anda sebelum tidur. Kemudian, anda boleh melakukan hal-hal ini. Yaitu cobalah 1 jam sebelum anda tidur, anda tidak lagi bermain HP, tidak lagi menonton televisi, tidak lagi mengerjakan tugas di depan laptop anda. Karena sebenarnya semua cahaya menghambat hormon melantonin. Hormon ini bertugas untuk membuat anda tidur lelap. Semua cahaya tersebut bisa menghambat pengeluaran hormon melantonin. Celakanya lagi, Layar pada HP atau monitor anda mempunyai efek lebih kuat daripada cahaya lampu untuk menghambat pengeluaran hormon melantonin. Untuk itu 1 jam sebelum anda tidur, simpan HP anda. Dan jangan jadikan kamar anda sebagai tempat untuk bekerja. Kamar tetaplah kamar, bukan kantor.

Konsumsi Suplemen

Kemudian langkah ketiga atau tips ketiga dari saya adalah anda bisa mengkonsumsi suplemen-suplemen seperti kalsium, magnesium, vitamin B kompleks dan vitamin E. Suplemen-suplemen ini dapat membantu tubuh anda lebih relaksasi dan dapat membantu anda tidur lebih baik di malam hari.

Olahraga Setiap Hari

Kemudian langkah keempat atau tips keempat adalah lakukanlah olahraga setiap hari, 30 menit setiap anda berolahraga. Dan lakukan minimal 3-5 kali per minggu. Dengan demikian, metabolisme anda lebih baik, tingkat stress anda menurun, dan anda bisa tidur lebih baik di malam hari. Dan pada beberapa orang tanpa mengkonsumsi obat-obatan, hanya dengan berolahraga saja mereka sudah bisa tidur lebih nyenyak di malam hari.

Yang Perlu Anda Hindari

Kemudian, tips yang kelima adalah hal-hal yang perlu anda hindari. Hal-hal apa yang perlu anda hindari? Yang pertama adalah obat-obatan yang membuat anda terjaga di malam hari. Obat-obatan seperti apa? Contohnya adalah seperti obat diet. Kemudian obat-obatan darah tinggi seperti Beta-blocker, anabolic steroid, ephedrine dan sebagainya. Jadi jika anda membeli obat sembarangan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Karena efek samping obat itu bermacam-macam. Mungkin salah satu dari obat yang anda konsumsi mempengaruhi pola tidur anda, sehingga anda mengalami insomnia. Jadi konsultasikan dengan dokter anda jika anda tidak mengerti.

Kemudian, makanan-makanan berkafein seperti kopi, teh, soda dan cokelat sebaiknya anda hindari. Karena jika anda mengkonsumsinya saat malam sebelum tidur, justru dapat membuat anda terjaga di malam hari.

Itu tadi adalah 5 hal atau 5 tips dari saya agar membuat anda bisa tidur lebih nyenyak di malam hari. Dan beberapa obat anti depresi juga dapat mengganggu pola tidur anda. Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter anda. Semoga 5 tips ini dapat anda lakukan di rumah dan dapat membuat pola tidur anda lebih baik lagi. jangan terlalu banyak mengkonsumsi obat tidur, apalagi tanpa pengawasan dokter. Karena obat-obatan tersebut jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan mempengaruhi kinerja otak anda.