Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jabatan Abdurrahman bin Auf ketika berdakwah di Madinah

Daftar Isi [Tampilkan]

 Jabatan Abdurrahman bin Auf ketika mendampingi Rasulallah dalam berdakwah di Madinah 

a. khalifah 

b. mufti 

c. sahabat 

d. perdana menteri 

e. budak 

Jawaban B

Abdurrahman bin Auf adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang memiliki peran penting dalam Islam. Berikut beberapa informasi mengenai sosok dan peran beliau:

  • Dakwah dan Kehidupan Awal: Abdurrahman bin Auf adalah pebisnis ulung yang kaya raya. Meski memiliki kekayaan yang berlimpah, ia menggunakan kekayaannya untuk keperluan berdakwah. Ketika hijrah ke Madinah, ia kehilangan hartanya karena dirampas, tetapi dengan kesabaran dan modal secukupnya, ia tetap berjuang dengan berjualan keju dan minyak samin.
  • Peran dalam Perang: Abdurrahman bin Auf memiliki peran besar dalam berperang melawan Nasrani. Ia diutus menuju Daumatul Jandal dan memimpin 700 pasukan. Setelah berfatwa kepada penduduk di sana dan menyeru mereka memeluk Islam, bani Kalb masuk Islam. Sebelumnya, Rasulullah SAW berwasiat agar Abdurrahman menikahi putri raja bani Kalb setelah masuk Islam, dan Abdurrahman memenuhinya dengan menikahi Tumadlir binti Ashbahg .
  • Persaudaraan dengan Sa’ad bin Rabi Al-Anshari: Abdurrahman bin Auf juga dipersaudarakan dengan Sa’ad bin Rabi Al-Anshari oleh Rasulullah. Keduanya memiliki hubungan yang erat dalam perjuangan Islam 

Source: 
(1) Peran Abdurrahman bin Auf dalam Dakwah dan Jihad - detikcom. https://www.detik.com/hikmah/dakwah/d-7113560/peran-abdurrahman-bin-auf-dalam-dakwah-dan-jihad.
(2) Kisah Sahabat Nabi: Abdurrahman bin Auf, | Republika Online. https://khazanah.republika.co.id/berita/llulza/kisah-sahabat-nabi-abdurrahman-bin-auf.
(3) Kisah Teladan Sahabat Nabi: Abdurrahman bin Auf Sahabat Dermawan - Tirto.ID. https://tirto.id/kisah-teladan-sahabat-nabi-abdurrahman-bin-auf-sahabat-dermawan-gjvG.
(4) Belajar dari Persaudaraan Abdurrahman bin Auf dan Sa’ad bin Rabi’. https://www.islampos.com/belajar-dari-persaudaraan-abdurrahman-bin-auf-dan-saad-bin-rabi-153039/.
(5) Abdurrahman bin Auf, Sahabat Muda yang Kaya dan Dermawan - NU Online. https://islam.nu.or.id/sirah-nabawiyah/abdurrahman-bin-auf-sahabat-muda-yang-kaya-dan-dermawan-DU87j.