Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[Lengkap] Pengertian Manajemen Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Daftar Isi [Tampil]

Kata manajemen berasal dari bahasa Inggris yaitu manage yang memiliki arti seni mengurus, mengatur, melaksanakan dan mengelola. Adapun istilah manajemen disebut dalam kamus besar bahasa Inggris management berarti direksi, pimpinan. Under new management dibawah pimpinan baru, tata pimpinan, pengelolaan. 

Menurut para ahli mendefinisi manajemen sebagai berikut: 

  1. Davis mendefinisikan manajemen sebagai fungsi dari setiap kepemimpinan eksecutif dimanapun. 
  2. Millet mendefenisikan manajemen sebagai proses memimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang-orang yang terorganisir secara formal sebagai kelompok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan. 
  3. Mary Parker Follet dalam Handoko mendifinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan dari orang lain, definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. 
  4. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. 
  5. Horold Koontz dan Cyril O' Donnel mendefinisikan manajemen sebagai usaha untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. G. R. Terry mengatakan bahwa manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemenfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lain. 
  6. James A. F. Stoner mendefinisikan manajemen sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
  7. Lawrence A. Appley dan Oey Liang Lee mendefinisikan manajemen sebagai seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain. Dijelaskan bahwa sebagai seni dan ilmu adalah strategi memanfaatkan tenaga dan pikiran orang Iain untuk melaksanakan suatu aktifitas yang diarahkan pada pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. 
  8. Sedarmayanti Apu, Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara efektif dan ensien untuk mencapai tujuan tertentu. 

Adapun gagasan pokok yang dapat dipahami dari beberapa pendapat pakar diatas tentang pengertian manajemen disebutkan sebagai ilmu, karena meliputi hal sebagai berikut: 

  1. Prinsip dan konsep manajemen dapat dipelajari 
  2. Pembuatan kebijakan dapat didekati dengan kaidah-kaidah ilmiah 
  3. Objek dan sarana manajemen adalah elemen-elemen yang bersifat materi 
  4. Dalam penerapannya, manajemen membutuhkan ilmu lain seperti, ekonomi, statistik, akuntansi, matematika. 
Dan manajemen sebagai seni meliputi: 
  1. Manajemen dipengaruhi dan didukung oleh sifat-sifat dan bakat para manajer 
  2. Manajemen dipengaruhi dan didukung naluri, perasaan, dan intelektual 
  3. Manajemen dipengaruhi dan didukung oleh kekuatan pribadi yang kreatif. 

Manajemen; (a) Berfungsi untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan dalam rangka mencapai tujuan dalam batasan-batasan kebijaksanaan umum yang telah ditentukan pada tingkat administrasi. (b) Tujuan dan kebijaksanaan pada tingkat management bersifat departemental atau sektoral. 

Secara umum tujuan manajemen yaitu mendapatkan laba (bagi organisasi profit/perusahaan) dan pengabdian sosial bagi (NGO dan pemerintah). 

Manajemen dan administrasi memiliki kesamaan esensi yaitu suatu tata cara perencanaan dan pelaksanaan suatu kegiatan organisasi. 

Bila administrasi sering digunakan dalam konteks kenegaraan maka manajemen lebih sering untuk lingkup perusahaan. 

Akan tetapi Dalton E. MC. Farland menyatakan bahwa administrasi ditujukan kepada penentuan tujuan utama dan kebijakan yang dibuat, sedangkan manajemen lebih ditujukan kepada pelaksanaan kegiatan dengan maksud mencapai tujuan dan pelaksanaan kebljakan yang telah diputuskan. 

Manajemen dijelaskan oleh Prof. Dr. Sedarmayanti Apu, M.Pd., memiliki fungsi antara lain: 

  1. Forecasting 
  2. Planning termasuk (budgeting) 
  3. Organizing 
  4. Staffing (assembling resources) 
  5. Directing (commanding) 
  6. Leading 
  7. Coordinating 
  8. Motivating 
  9. Controling 
  10. dan Reporting 

Jadi secara garis besarnya konsep dasar manajemen adalah sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang Iain. Manajemen merupakan suatu proses perencanaan, pengaorganisasian, pengarahan dan pengawasan terhadap organisasi dari pemberdayaan, pemanfaatan, juga penggunaan sumber daya orgnisasi guna mencapai tujuan yang telah ditentukan.


Pananrangi, A.R. (2017). Manajemen Pendidikan. Celebes Media Perkasa

Post a Comment for "[Lengkap] Pengertian Manajemen Secara Umum dan Menurut Para Ahli"

close
Banner iklan disini