Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerajaan Kutai : Letak dan Isi Berita dari Peninggalan Prasasti

Daftar Isi [Tampil]

Kerajaan Kutai : Letak dan Isi Berita dari Peninggalan Prasasti - Letak Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur daerah Muara Kaman di tepi sungai Mahakam. Kerajaan Kutai merupakan kerajaan pertama di Indonesia. Peninggalan dari Karajaan Kutai adalah 7 prasasti yang ditulis dengan huruf Pallawa, dengan bahasa Sansekerta. Semua prasasti kerajaan Kutai tertulis pada Yupa, Yupa adalah tugu dari batu yang berfungsi sebagai tiang untuk menambatkan hewan yang akan dikorbankan.

Dari berita prasasti-prasasti tersebut dapat diketahui bagaimanakah keadaan sosial, ekonomi, dan pemerintahan di Kerajaan Kutai. Berikut adalah isi berita dari prasasti dari kerajaan Kutai.

Raja Mulawarman disebut sebagai raja yang terbesar di Kutai, sebab menaklukkan raja-raja disekitarnya

Segi sosial, masyarakat mengenal kasta-kasta karena pengaruh India. Keluarga Kundungga pernah melakukan upacara Vratyastoma, yaitu upacara penyucian diri untuk masuk pada kasta ksatria.

Segi ekonomi, disebutkan raja menghadiahkan 20.000 ekor lembu, berarti peternakan maju, begitupun dalam bidang pertanian, karena Kutai terletak di tepi sungai. Dengan demikian Kutai merupakan kerajaan yang makmur.

Post a Comment for "Kerajaan Kutai : Letak dan Isi Berita dari Peninggalan Prasasti"

Kunjungi : Dapatkan Diskon Hingga 80% dan Gratis Ongkir dari Lazada, Terbatas


Kunjungi : Banyak Diskon Sampai 80% dari Lazada dan Gratis Ongkir. Jangan Sampai Kelewatan


close
Banner iklan disini