Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Permasalahan Ekonomi Yang Dihadapi Negara Maju

Konten [Tampil]

Permasalahan Ekonomi Negara Maju

Sumber Daya Manusia

Sama seperti negara berkembang, negara maju juga mengalami sumber daya manusia. Masalah sumber daya manusia negara maju antara lain sebagai berikut.

Jumlah Tenaga Kerja 

Masalah sumber daya manusia yang membedakan antara negara maju dan negara berkembang adalah angka kerlahiran serta kematian yang rendah. Hal ini mengakibatkan kekurangan tenaga kerja. Tenaga kerja yang kurang di negara-negara maju mendorong masuknya tenaga kerja dari negara berkembang. Tenaga kerja asing dari suatu negara dapat mengakibatkan dampak negatif karena perbedaan budaya.

Restrukturisasi Perusahaan

Restrukturisasi perusahaan adalah sebuah kebijakan untuk merampingkan besarnya perusahaan, baik dari segi organisasi maupun jumlah tenaga kerja dengan tujuan agar perusahaan dapat berjalan lebih efisien dan menguntungkan. Restrukturisasi perusahaan banyak terjadi di negara-negara maju, sehingga banyak tenaga kerja yang terkena dampak dari restrukturisasi perusahaan ini.

Masalah Globalisasi Ekonomi

Globalisasi ekonomi merupakan sarana penghubung kegiatan-kegiatan ekonomi anatar satu negara dan negara lain. Dengan adanya globalisasi ekonomi, negara maju pun juga dapat menghadapi masalah-masalah antara lain sebagai berikut.

Masuknya Produk Negara Berkembang ke Negara Maju

Era perdagangan bebas tidak selamanya menguntungkan bagi semua negara meskipun berbagai hambatan terutama hambatan dalam perdagangan internasional semakin berkurang. Pengurangan hambatan dalam perdagangan internasional bertujuan agar setiap negara tidak menutup atau membatasi negaranya untuk menerima berbagai produk dari negara lain. Hal ini terwujud dari banyaknya barang-barang dari hasil produksi negara berkembang yang beredar di negara maju. Akibatnya produk-produk dari negara berkembang akan menguasai pasar di negara maju karena rendahnya biaya produksi, sehingga harga produk dari negara-negara berkembang lebih murah daripada produk negara maju. Dengan banyaknya produk-produk dari negara berkembang yang beredar di negara maju akan berdampak buruk bagi perekonomian negara maju yaitu penurunan hasil produksi.

Masuknya Tenaga Kerja Negara Berkembang Ke Negara Maju

Kekurangan tenaga kerja di Negara Maju membuat banyak tenaga kerja dari negara berkembang mulai masuk ke negara maju. Hal ini sangat mengkhawatirkan tenaga kerja dari negara maju tersebut.

Perpindahan Investasi dari Negara Maju ke Negara Berkembang

Tingginya biaya produksi bagi negara maju yaitu biaya pajak, biaya tenaga kerja, biaya penyewaan pabrik, dan biaya produksi lainnya mengakibatkan banyak investasi yang dialihkan ke negara berkembang dengan tujuan untuk menghemat biaya produksi. Jika terlalu banyak pengalihan tersebut tentu akan berakibat buruk pada perekonomian negara-negara maju itu sendiri. Perusahaan dari negara maju yang berpindah ke negara berkembang mengakibatkan investasi di negara maju akan mengalami penurunan. Turunnya investasi akan berakibat pada turunnya produksi, sehingga secara nasional akan mengakibatkan turunnya pendapatan nasional.

Krisis Ekonomi Negara Berkembang

Krisis ekonomi negara berkembang akan berpengaruh pada kegiatan ekonomi negara maju karena satu negara berhubungan dengan negara lain.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Permasalahan Ekonomi Yang Dihadapi Negara Maju"