Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tuhan wajib memasukkan orang baik ke surga dan sebaliknya memasukkan orang

Daftar Isi [Tampilkan]

 Tuhan wajib memasukkan orang baik ke surga dan sebaliknya memasukkan orang jahat kedalam neraka, pendapat

a. Jabariyah

b. Qadariyah

c. Ahlussunnah

d. Muktazilah

e. Murjiah

Jawaban D

Penjelasan

Sikap tasamuh (toleransi) Asy'ariyah ditunjukkan dengan kekuasaan mutlak Tuhan. Menurut Muktazilah, Tuhan wajib berlaku adil dalam memperlakukan makhluk-Nya. Tuhan wajib memasukkan orang baik ke surga dan sebaliknya memasukkan orang jahat ke dalam neraka.

Pendapat ini ditolak oleh Asy'ariyah dengan alasan kewajiban berarti telah terjadi pembatasan kekuasaan Tuhan, padahal Tuhan memiiiki kekuasaan mutlak, tidak ada yang bisa membatasi kekuasaan dan kehendak Tuhan. Meskipun dalam al-Qur'an Allah Swt berjanji akan memasukkan orang baik kedalam surga dan memasukkan orang jahat kedalam neraka, namun tidak berarti kekuasaan Allah terbatasi. Segala keputusan tetap ada pada kekuasaan Allah Swt. 

Muktazilah menempatkan akal diatas wahyu, bagi Asyariyah wahyu diatas akal. Moderasi ditunjukkan oleh Asy'ariyah, bahwa akal tetap diperlukan dalam memahami wahyu. Jika akal tidak dapat memahami wahyu, maka akal harus tunduk dan mengikuti wahyu. Karena kemampuan akal terbatas, maka tidak semua yang terdapat didalam wahyu dapat dipahami oleh akal dan kemudian dipaksakan sesuai dengan pendapat akal.