Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Jenis Vitamin B dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Daftar Isi [Tampilkan]
Ada sejumlah besar vitamin B yang dibutuhkan untuk menjaga semua fungsi tubuh berfungsi dengan baik. Semua vitamin B sangat penting untuk sejumlah proses yang berbeda. Tanpa vitamin B yang cukup pasokan darah tidak akan sehat dan ini menyebabkan berbagai penyakit. Otak membutuhkan vitamin B untuk berfungsi dengan benar dan jantung juga membutuhkan vitamin B untuk tetap sehat dan mencegah penyakit jantung dan makanan dipecah menjadi berbagai nutrisi oleh vitamin B. Faktanya, hampir setiap organ dan proses di dalam tubuh membutuhkan setidaknya satu bentuk vitamin B.

Thiamin atau B1 adalah vitamin B yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga semua selnya, terutama saraf untuk berfungsi dengan benar. Ini sangat penting untuk daya ingat dan kesehatan mental secara umum dan merupakan salah satu vitamin B yang diperlukan untuk mengubah makanan menjadi energi.

Riboflavin atau B2 adalah vitamin B yang penting untuk melepaskan energi dari makanan yang telah dikonsumsi. Tanpa vitamin B ini, tubuh tidak dapat tumbuh atau berkembang dengan baik karena sel darah merah tidak akan sehat sebagaimana mestinya.

Niacin atau B3 adalah vitamin B yang terlibat dalam lebih dari lima puluh proses, mulai dari detoksifikasi bahan kimia hingga membuat hormon dan melepaskan energi dari makanan.

Asam Pantotenat atau B5, bekerja dengan beberapa vitamin B lainnya untuk sejumlah proses penting termasuk memecah lemak, protein, dan karbohidrat menjadi energi dan juga vitamin B yang diperlukan untuk membentuk vitamin D, berbagai hormon, dan sel darah merah.

Pyridoxine atau B6 adalah vitamin B yang sebagian besar bertanggung jawab untuk mendistribusikan kembali asam amino untuk menciptakan lebih dari lima ribu protein yang dibutuhkan oleh tubuh dan juga merupakan salah satu vitamin B yang dibutuhkan untuk membentuk berbagai enzim.

Biotin atau B7 adalah salah satu vitamin B yang terlibat dalam sejumlah proses dalam tubuh, termasuk memecah lemak, karbohidrat, dan protein menjadi bentuk energi yang bisa digunakan.

Asam folat atau B9 adalah vitamin B esensial untuk membantu pertumbuhan dan pembelahan sel, terutama selama kehamilan. Vitamin B ini juga diperlukan untuk membuat bahan kimia alami yang mengendalikan nafsu makan, suasana hati dan kualitas tidur. Ini juga merupakan vitamin B terbaik untuk membantu menurunkan kemungkinan menderita serangan jantung atau stroke dengan menjaga arteri terbuka.

Cobalamin atau B12 adalah salah satu vitamin B yang penting dalam proses mengubah karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi. Vitamin B ini juga penting dalam membentuk pelindung sel saraf dan menjaga sel darah merah agar tetap sehat, dan membantu mencegah penyakit jantung.