Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengetian Pidato dan Ketiga Struktur Dalam Berpidato

Konten [Tampil]
Pidato merupakan penyampaian gagasan, pikiran, dan informasi dari pembicara kepada khalayak ramai. Salah satu tujuan berpidato adalah menyakinkan pendengar tentang isi pidato yang disampaikan. Agar pidato yang disampaikan dapat berjalan dengan lancar dan runtut, sebelumnya perlu disiapkan naskah pidato. Secara garis besar, naskah pidato terdiri dari tiga bagian yaitu pembukaan, isi, dan penutup.

Struktur pidato

Pembukaan

Pembukaan berisi salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur.

Isi Pidato

Bagian isi adalah bagian inti dari suatu pidato. Pada bagian ini, paparan dari pembicaraan menduduki presentase yang paling banyak. Pembicara akan menguraikan secara rinci dan panjang lebar inti materi yang akan disampaikan kepada hadirin.

Penutup Pidato

Penutup pidato yang baik akan menimbulkan rasa simpati dari pendengar. Penutup pidato dapat diisi dengan sebagai berikut.
  1. Simpulan pendek dari uraian sebelumnya
  2. Permintaan maaf kepada hadirin atas kekhilafan dan kesalahan yang mungkin terjadi, baik disengaja maupun yang tidak disengaja.
  3. Salam penutup
Dalam penutup pidato dapat juga diisi dengan mengutip pendapat atau kata-kata mutiara dari tokoh-tokoh besar atau pantun yang sesuai dengan situasi saat itu.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Pengetian Pidato dan Ketiga Struktur Dalam Berpidato"