Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Informasi Beserta Fungsi, dan Jenis-Jenisnya, Lengkap!

Konten [Tampil]

Pengertian Informasi

Informasi merupakan sekumpulan fakta ataupun data yang sudah diproses serta dikelola sedemikian rupa jadi suatu yang bisa dipahami dan berguna untuk penerimanya.

Pengertian Informasi
Pengertian Informasi Dari definisi yang sudah dipaparkan tersebut bisa disimpulkan kalau kata “informasi” memiliki makna berbeda dengan kata “data”. Data merupakan fakta yang belum diolah ataupun masih mentah, sehabis diolah hingga data tersebut bisa menjadi informasi yang berguna.

Tidak seluruh data ataupun fakta bisa diolah sedemikian rupa jadi informasi yang berguna untuk penerimanya. Apabila ada data yang kemudian diolah nyatanya tidak berguna untuk penerima, hingga belum dapat dinamakan sebagai informasi.

Secara etimologis kata “informasi” berasal dari bahasa Latin,“ Informatinem” yang berarti ide, garis besar, ataupun kode. Informasi sendiri bisa disajikan dalam bermacam berbagai wujud, contoh data semacam gambar, tulisan, tabel, video, diagram, audio, serta sebagainya.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli
Untuk lebih jelasnya berikut beberapa pengertian informasi menurut para pakar.
  1. Raymond McLeod
    Menurut Raymond McLeod, pengertian informasi adalah fakta atau data yang telah diolah menjadi bentuk yang berarti bagi penerima serta bermanfaat dalam pengambilan keputusan pada saat ini atau masa mendatang.
  2. Jogiyanto HM
    Pengertian informasi adalah hasil pengolahan data ke bentuk yang bermanfaat bagi si penerimanya yang dapat menggambarkan kejadian-kejadian nyata yang kemudian digunakan dalam pengambilan keputusan.
  3. Lina Sidharta
    Pengertian informasi adalah suatu data yang disajikan dalam bentuk yang lebih bermanfaat dan berguna untuk mengambil keputusan.
  4. George R. Terry
    Pengertian informasi adalah data penting yang dapat memberikan sebuah pengetahuan yang berguna bagi penerima.
  5. Azhar Susanto
    Pengertian informasi adalah hasil dari pengolahan data yang dapat memberikan manfaat dan arti bagi penerimanya.

Fungsi Informasi

Fungsi Informasi
Ada 7 fungsi informasi untuk manusia. Berikut ini adalah ke-7 fungsi informasi bagi manusia :
  1. Jadi Sumber Pengetahuan Baru
    Dengan adanya informasi yang valid bisa menjadikannya sebagai seatu pengetahuan baru dan bisa menambah pengerahuan di bidang tertentu. Contoh informasi misalnya terdapat informasi tentang pelajaran sekolah atau kuliah yang diperoleh dari di internet.
  2. Menghilangkan Ketidakpastian
    Minimnya informasi tentang sesuatu bisa menciptkan ketidakpastian. Sehingga sebagai menghilangkan ketidakpastian itu diperlukan informasi yang komplit dan valid  yang diperoleh dari sumber-sumber yang terpercaya.
  3. Untuk Media Hiburan
    Salah satu fungsi informasi bisa juga digunakan untuk media hiburan masyarakat. Misalnya informasi mengenai objek wisata di suatu tempat dan informasi yang demikian diiringi dengan gambar-gambar yang memikat.
  4. Untuk Sumber Berita
    Informasi bisa juga dipakai untuk sumber berita yang diutarakan ke pablik atau masyarakat. Contoh informasi yang digunakan sumber berita adalah tentang perhelatan Asian Games. Sumber berita tersebut dapat diperoleh dari media Televisi, Internet, Radio, dan lain sebagainya.
  5. Sebagai Sosialisasi Kebijakan
    Informasi bisa dipakai untuk sosialisasi (menyampaikan) kebijakan dari pemerintah kepada masyarakat informasi tersebut bisa disampaikan melalui surat berita, televisi, internet dan sebagainya.
  6. Digunakan Untuk Mempengaruhi Khalayak Ramai
    Informasi yang disampaikan lewat media massa biasanya dibuat untuk mempengaruhi khalayak atau masyarakat umum. misalnya informasi mengenai produk yang disampaikan melalui Televisi  dengan tujuan agar masyarakat bisa mengenal dan tertarik untuk menggunakan produk tersebut.
  7. Menyatukan Pendapat
    Kemajuan teknologi informasi sekarang ini banyak bermunculan media sosial, sehingga membuat kemudahan sebagai alat untuk menyampaikan pendapat ke ruang publik. Tetapi, pendapat tersebut masih banyak yang tidak sesuai dengan fakta.

Jenis-Jenis Informasi

Jenis-Jenis Informasi
Sesuai dengan pengertian informasi yang telah dipaparkan diatas, informasi dibagi menjadi 4 macam jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis informasi :
  1. Informasi Berdasarkan Sifat
    Informasi sesuai sifat dibagi jadi 3 bagian, antara lain :
    1) Faktual, adalah informasi yang berdasarkan fakta yang bisa dibuktikan kebenerannya.
    2) Opini atau konsep, yaitu informasi yang berdasarkan pendapat atau opini dari seseorang tentang suatu hal.
    3) Deskripsi, yaitu informasi dalam bentuk penjelasan yang dijelaskan secara rinci mengenai suatu hal.
  2. Informasi Berdasarkan Kegunaan
    Informasi berdasarkan kegunaan dibagi menjadi 2 jenis, antara lain :
    1) Informasi yang menambah wawasam, ialah suatu informasi yang isinya bisa menambah pengetahuan baru untuk seseorang.
    2) Informasi yang berdasarkan penyajiannya, ialah suatu informasi yang disampaikan ke dalam beberapa bentuk, contoh informasi seperti video, artikel, audio, gambar, dan lain sebagainya.
  3. Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan
    Informasi berdasarkan bidang kehidupan merupakan jenis informasi yang dibuat ke dalam berbagai macam kategori, contoh informasi seperti Informasi Bisnis, Informasi Olahraga, Informasi Kesehatan, Informasi Pendidikan, dan lain sebagainya.
  4. Informasi Berdasarkan Lokasi Peristiwa
    Informasi berdasarkan lokasi peristiwa merupakan jenis informasi yang dibuat dengan berdasarkan lokasi suatu peristiwa tersebut. Informasi berdasarkan bidang kehidupan dibagi menjadi 2 jenis, yaitu informasi dalam negeri dan luar negeri.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Pengertian Informasi Beserta Fungsi, dan Jenis-Jenisnya, Lengkap!"