Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Informasi Secara Langsung dan Tidak Langsung

Konten [Tampil]

Informasi Melalui Tuturan Langsung

Informasi ialah pernyataan yang berisi keterangan mengenai sesuatu. Informasi melalui tuturan langsung ialah pernyataan yang berisi keterangan mengenai sesuatu yang dituturkan secara langsung. Informasi melalui tuturan langsung sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya berita dari televisi, informasi dari forum diskusi dan informasi yang kita dengar langsung dari teman.
Langkah-langkah untuk menyimpulkan isi informasi:
  1. Mendengarkan informasi secara langsung dengan seksama
  2. Mencatat pokok-pokok informasi. Sebuah informasi terdiri atas informasi pokok dan informasi pendukung. Pokok-pokok informasi meliputi unsur 5W+1H (menjawab pertanyaan mengapa, apa, siapa, di mana, kapan, dan bagaimana)
  3. Menyimpulkan isi informasi. Menyimpulkan isi informasi berdasarkan pokok-pokok informasi. Kemudian dirangkai menjadi kalimat efektif untuk membentuk paragraf yang utuh.

Informasi Melalui Tuturan Tidak Langsung

Informasi melalui tuturan tidak langsung ialah pernyataan yang berisi keterangan mengenai sesuatu yang dituturkan secara tidak langsung, melalui rekaman atau teks yang dibacakan. Sama dengan mendengarkan informasi dari tuturan langsung, untuk mengetahui pokok-pokok informasi kita dapat mengetahuinya dengan menggunakan rumus 5W+1H (what/apa, who/siapa, where/dimana, when/kapan, why/Mengapa, how/bagaimana)

Kesimpulan

Informasi ialah pernyataan yang berisi keterangan mengenai sesuatu. Informasi melalui tuturan langsung ialah pernyataan yang berisi keterangan mengenai sesuatu yang dituturkan secara langsung. Langkah-langkah untuk menyimpulkan isi informasi:
  1. Mendengarkan informasi secara langsung dengan seksama
  2. Mencatat pokok-pokok informasi
  3. Menyimpulkan isi informasi
Informasi melalui tuturan tidak langsung ialah pernyataan yang berisi keterangan mengenai sesuatu yang dituturkan secara tidak langsung, melalui rekaman atau teks yang dibacakan. Pokok-pokok informasi kita dapat mengetahuinya dengan menggunakan rumus 5W+1H.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Pengertian Informasi Secara Langsung dan Tidak Langsung"