Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Deskripsi Ilmu Ekonomi (Pengertian dan Pembagian Ilmu Ekonomi)

Konten [Tampil]

Pengertian Ilmu Ekonomi

Menurut Paul Samuelson, ilmu ekonomi adalah suatu studi bagaimana orang-orang dan masyarakat membuat pilihan dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi sekarang dan di masa yang akan datang kepada berbagai orang dan golongan masyarakat

Menurut Mankiw, ilmu ekonomi adalah studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber daya selalu terbatas dan langka.

Menurut Adam Smith, ilmu ekonomi secara matematis mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber daya sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu.

Menurut Alfred Marshall, Ilmu ekonomi adalah ilmu atau studi yang mempelajari kehidupan manusia sehari-hari.

Secara umum, ilmu ekonomi dapat didefinisikan sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bagaimana manusia memenuhi kebutuhan yang bersifat tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang bersifat terbatas.

Pembagian Ilmu Ekonomi

Ekonomi Deskriptif

Ekonomi deskriptrif yaitu suatu analisis ekonomi yang menggambarkan tentang keadaan yang sebenarnya dalam perekonomian. Misalnya analisis mengenai keadaan petani di Jawa Tengah, keadaan ekonomi di Indonesia tahun 2013, ekonomi di Jepang pasca perang dunia II, dan sebagainy

Teori Ekonomi

Teori ekonomi adalah ilmu yang menganalisis tentang hubungan antarvariabel ekonomi, teori dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut:


  1. Teori ekonomi mikro adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku dari unit-unit ekonomi individual, seperti rumah tangga, perusahaan, dan struktur industri.
  2. Teori ekonomi makro adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari persoalan ekonomi sacara keseluruhan atau nasional, seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran dan lain sebagainya.


Ekonomi Terapan

Ekonomi terapan disebut juga ilmu kebijakan ekonomi yaitu cabang ilmu ekonomi yang menelaah tentang kebijakan-kebijakan yang perlu dilaksanakan untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi, misalnya ekonomi perusahaan, ekonomi moneter, ekonomi perbankan, dan sebagainya. Dalam hal ini teori ekonomi mempunyai hubungan erat dengan kebijakan ekonomi, yaitu teori ekonomi berfungsi sebagai landasan dalam merumuskan kebijakan-kebijakan ekonomi.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Deskripsi Ilmu Ekonomi (Pengertian dan Pembagian Ilmu Ekonomi)"