Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Pembagian Ilmu Dalam Ilmu Ekonomi

Daftar Isi [Tampilkan]

Ekonomi Deskriptif

Ekonomi deskriptrif yaitu suatu analisis ekonomi yang menggambarkan tentang keadaan yang sebenarnya dalam perekonomian. Misalnya analisis mengenai keadaan petani di Jawa Tengah, keadaan ekonomi di Indonesia tahun 2013, ekonomi di Jepang pasca perang dunia II, dan sebagainy

Teori Ekonomi

Teori ekonomi adalah ilmu yang menganalisis tentang hubungan antarvariabel ekonomi, teori dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut:
Teori ekonomi mikro adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku dari unit-unit ekonomi individual, seperti rumah tangga, perusahaan, dan struktur industri.
Teori ekonomi makro adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari persoalan ekonomi sacara keseluruhan atau nasional, seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran dan lain sebagainya.

Ekonomi Terapan

Ekonomi terapan disebut juga ilmu kebijakan ekonomi yaitu cabang ilmu ekonomi yang menelaah tentang kebijakan-kebijakan yang perlu dilaksanakan untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi, misalnya ekonomi perusahaan, ekonomi moneter, ekonomi perbankan, dan sebagainya. Dalam hal ini teori ekonomi mempunyai hubungan erat dengan kebijakan ekonomi, yaitu teori ekonomi berfungsi sebagai landasan dalam merumuskan kebijakan-kebijakan ekonomi.