Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa saja instrumen yang memiliki risiko rendah dalam investasi jangka pendek?

Daftar Isi [Tampilkan]

 Investasi jangka pendek memiliki beberapa instrumen yang memiliki risiko rendah dan cocok bagi mereka yang ingin mengambil imbal hasil dalam jangka waktu singkat. Berikut adalah beberapa instrumen investasi risiko rendah yang dapat dipertimbangkan:

  1. Deposito: Deposito adalah instrumen investasi risiko rendah dari perbankan. Risikonya hanya berupa penurunan suku bunga akibat kebijakan Bank Indonesia (BI) dan perbankan. Uang yang disimpan di deposito dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Deposito memiliki suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan, dan umumnya memiliki tenor berkisar antara 1 hingga 24 bulan.
  2. Tabungan Berjangka: Instrumen ini mirip dengan tabungan biasa, namun memiliki tenggat waktu penarikan. Dana yang dimasukkan dalam tabungan berjangka tidak bisa ditarik sewaktu-waktu, sehingga cocok untuk rencana jangka panjang seperti dana pensiun, membeli rumah, atau membeli kendaraan bermotor. Seperti deposito, tabungan berjangka juga dijamin oleh LPS.
  3. Reksadana Pasar Uang: Reksadana pasar uang adalah instrumen investasi yang berinvestasi pada surat berharga dengan jatuh tempo pendek, seperti deposito dan obligasi. Meskipun return atau suku bunga yang ditawarkan tak terlalu besar, reksadana pasar uang cocok untuk disiplin menyisihkan uang dalam jangka pendek.
  4. Reksadana Pendapatan Tetap: Reksadana ini berinvestasi pada instrumen pendapatan tetap seperti obligasi dan surat utang. Meskipun hasil imbalnya terbilang rendah dalam jangka pendek, risikonya juga rendah.

Ingatlah untuk selalu mempertimbangkan tujuan keuangan dan profil risiko Anda sebelum memilih instrumen investasi. Konsultasikan dengan ahli keuangan jika perlu, agar Anda dapat mengambil keputusan yang bijaksana. 😊


Source: 

(1) 9 Instrumen Investasi Risiko Rendah untuk Pemula - Cermati.com. https://www.cermati.com/artikel/instrumen-investasi-risiko-rendah.

(2) Memahami 4 Jenis Investasi Jangka Pendek dan Tips Memulainya. https://bisnis.tempo.co/read/1760641/memahami-4-jenis-investasi-jangka-pendek-dan-tips-memulainya.

(3) Memahami Investasi Jangka Pendek: Strategi Pertumbuhan Keuangan yang Cepat. https://reku.id/campus/apa-itu-investasi-jangka-pendek.

(4) Mengenal Investasi Low Risk Beserta Contoh-Contohnya!. https://www.fortuneidn.com/finance/jordy/investasi-low-risk-adalah.