Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Vitamin D : Manfaat Untuk Tubuh dan Cara Memperolehnya

Daftar Isi [Tampilkan]
Vitamin D : Manfaat Untuk Tubuh dan Cara Memperolehnya

Vitamin D adalah satu-satunya vitamin yang tidak diperoleh dari makanan yang dikonsumsi. Sebaliknya, vitamin D sebenarnya didapat dari sinar matahari di kulit. Ada banyak liputan media tentang bahaya terkena sinar matahari terlalu banyak, tetapi penting bagi kulit untuk terkena sinar matahari untuk mendapatkan asupan vitamin D harian yang direkomendasikan. Pada kenyataannya, jumlah waktu yang harus dihabiskan seseorang di bawah sinar matahari untuk menerima dosis vitamin D yang cukup sangat kecil dan hanya beberapa menit sehari akan cukup dan tidak memiliki efek buruk dari  sinar ultraviolet yang diterima.

Fungsi paling penting dari vitamin D adalah untuk membantu mengontrol berapa banyak kalsium yang diserap dari makanan. Mayoritas kalsium digunakan untuk membangun gigi dan tulang yang kuat tetapi juga diperlukan untuk mengirim pesan di sepanjang saraf dan untuk membantu otot, seperti otot jantung berkontraksi. vitamin D yang memastikan bahwa selalu ada cukup kalsium dalam darah untuk melakukan tugas-tugas ini. Fungsi lain yang memerlukan vitamin D berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh dan diyakini bahwa vitamin D juga merupakan faktor yang berkontribusi dalam mengurangi risiko tertular kanker dan khususnya kanker usus besar.

Varian vitamin D yang terbentuk di bawah kulit dikenal sebagai vitamin D3 atau cholecalciferol. Vitamin D ini dibuat ketika ultraviolet di bawah sinar matahari bereaksi dengan sejenis kolesterol yang ditemukan di bawah kulit secara alami. D3 diubah menjadi bentuk vitamin d yang lebih aktif di hati dan kemudian dialihkan ke tempat yang paling dibutuhkan. Beberapa vitamin D tetap di hati dan ginjal untuk membantu menyerap kembali kalsium dari darah. Sisa vitamin D disebarkan ke tulang untuk membantu mereka mempertahankan kalsium dan usus untuk membantu penyerapan kalsium dari makanan.

Meskipun sebagian besar vitamin D terbentuk melalui paparan kulit terhadap sinar matahari, ada beberapa makanan yang memang mengandung beberapa vitamin secara alami. Bentuk vitamin D ini dikenal sebagai vitamin D2 atau ergocalciferol. Ini digunakan dengan cara yang sama seperti vitamin D lainnya dan merupakan jenis yang digunakan untuk membuat sebagian besar suplemen vitamin D.