Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Vitamin B6 dan Sumber Makanan yang Bervitamin B6

Daftar Isi [Tampilkan]
Vitamin B6 : Manfaat dan Sumber Makanan Yang Bervitamin B6

Vitamin B6, juga dikenal sebagai piridoksin, adalah salah satu vitamin B yang paling serbaguna namun tubuh hanya membutuhkan jumlah yang relatif kecil. Vitamin B6 bekerja erat dengan semua vitamin B lainnya, terutama niacin, asam folat, dan Cobalamin dan berkontribusi terhadap berbagai fungsi dalam tubuh. Asam amino diubah oleh vitamin B6 menjadi protein dan juga diperlukan untuk mengubah gula yang tersimpan di dalam tubuh menjadi energi esensial. Pada dasarnya, vitamin B6 sangat penting untuk mengubah protein yang dikonsumsi menjadi protein yang dibutuhkan tubuh dan juga untuk mengubah karbohidrat dari bentuk yang disimpan dalam tubuh menjadi bentuk yang dapat digunakan untuk energi ekstra.

Tubuh membutuhkan sejumlah protein yang berbeda dan vitamin B6 yang memastikan bahwa bentuk yang tepat tersedia. Sebagai contoh, vitamin B6 akan menciptakan hemoglobin untuk membawa oksigen dalam sel darah, hormon untuk mengatur tekanan darah, neurotransmiter dan berbagai enzim.

Konsumsi harian yang direkomendasikan untuk vitamin B6 hanya sekitar 2,0mg tetapi jumlah yang tampaknya tidak signifikan ini digunakan sangat efisien dalam tubuh untuk menghasilkan lebih dari enam puluh enzim yang berbeda. Sumber vitamin B6 terbaik adalah makanan berprotein tinggi seperti telur, ikan, unggas, dan daging dan juga ditambahkan ke sereal sarapan dan roti untuk memastikan bahwa setiap orang dapat mengkonsumsi yang direkomendasikan, bahkan jika mereka tidak makan produk daging. Sejumlah tambahan vitamin b6 mungkin bermanfaat untuk jantung dan sistem kekebalan tubuh. Suplemen vitamin B6 terkadang dibutuhkan oleh penderita asma dan penderita diabetes. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa dosis besar vitamin B6 dapat menjadi racun.

Karena vitamin B6 ditemukan dalam banyak makanan umum, sebagian besar orang menerima vitamin dalam jumlah yang cukup dari makanan normal mereka. Ada beberapa kelompok yang mungkin perlu suplemen vitamin B6 untuk memastikan bahwa mereka memperoleh konsumsi harian yang direkomendasikan. Misalnya, wanita hamil atau menyusui akan membutuhkan jumlah vitamin B6 yang sedikit lebih tinggi untuk memungkinkan jumlah vitamin yang diserap oleh bayi walaupun mungkin untuk mendapatkan vitamin B6 tambahan dari peningkatan konsumsi makanan berprotein tinggi. Namun, vegetarian yang ketat, dan anak-anak yang tidak makan produk hewani mungkin memerlukan suplemen vitamin B6 karena sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin B6 yang buruk.