Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proses Terjadinya Angin Dan Jenis-Jenis Angin

Daftar Isi [Tampilkan]

Proses Terjadinya Angin

Penyinaran atau radiasi matahari yang diterima oleh permukaan bumi akan berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Perbedaan tersebut akan berakibat pada perbedaan suhu udara.

Daerah yang menerima lebih banyak penyinaran matahari, akan memiliki suhu yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya. Pada daerah ini, udara bergerak mengembang atau memuai sehingga tekanan udaranya rendah. Pada daerah yang suhu udaranya lebih rendah, tekanan udaranya lebih tinggi.

Perbedaan tekanan udara ini akan mengakibatkan terjadinya gerakan udara dari daerah yang tekanan udaranya lebih tinggi ke daerah yang tekanan udaranya lebih rendah atau disebut angin. 

Proses Terjadinya Angin Dan Jenis-Jenis Angin

Jenis Jenis Angin

Walaupun prosesnya sama seperti yang telah dijelaskan di atas, tetapi angin memiliki beberapa jenis, berikut jenis jenis angin :

Angin Fohn

Angin fohn adalah angin jatuh yang panas dan kering. Maksud angin jatuh adalah angin yang menuruni lereng gunung setelah sebelumnya bergerak naik ke puncak gunung.

Pada saat angin tersebut naik ke puncak gunung, angin tersebut mengalami penurunan suhu dan terjadi pengembunan kemudian turun hujan. Pada saat melewati puncak gunung, angin tersebut telah kering dan turun melewati puncak.

Namun, suhu angin tersebut naik ketika bergerak turun menuju lembah. Bahkan, ketika sampai lembah angin tersebut lebih tinggi dari suhu udara di lembah tersebut, sehingga orang orang yang tinggal di lembah akan merasakan adanya aliran angin yang panas dan kering.

Jenis angin fohn ini pada awalnya dikenal di Jerman dan Austria, yaitu di lereng utara pegunungan Alpen. Namun, ternyata angin tersebut juga ada di tempat lain seperti Amerika Serikat dan Kanada dengan nama angin panas dan kering, Angin Chinook. Di Indonesia juga dikenal sejumlah nama yang sebenarnya juga merupakan angin fohn.

Angin tersebut dinamai berbeda-beda, yaitu angin bohorok di Deli Utara Sumatera Utara, angin kumbang di Cirebon, angin gending di Probolinggo Jawa Timur, angin brubu di Ujungpandang Sulawesi Selatan, dan angin wambrau di Daerah Yapen dan Biak Papua.

Angin Darat dan Angin Laut

Proses terjadinya angin darat ialah angin yang bergerak dari arah darat ke laut, sedangkan proses terjadinya angin laut adalah angin yang bergerak dari laut ke darat.

Proses terjadinya angin darat dan laut merupakan contoh peristiwa adanya perbedaan sifat fisik darat dengan laut dalam kaitannya dengan panas yang diterima dari radiasi matahari.

Daratan memiliki sifat lebih cepat panas dibandingkan dengan lautan. Akibatnya pada siang hari, tekanan udara di daratan lebih rendah daripada di lautan. Karena itu, angin bergerak dari laut ke darat dan terbentuklah angin laut. Sebaliknya pada malam hari, daratan lebih cepat dingin dibanding lautan sehingga tekanan udara di daratan lebih tinggi dibandingkan dengan di lautan. Karena itu, bergeraklah udara dari daratan ke laut dan terbentuklah angin darat.

Angin Gunung dan Angin Lembah

Pada siang hari bagian lereng gunung akan lebih banyak dipanasi sinar matahari dibandingkan dengan bagian lembahnya. Akibatnya terjadi perbedaan tekanan udara antara lereng gunung dan lembah.

Lereng gunung tekanan udaranya lebih rendah dibandingkan dengan lembah sehingga angin bergerak dari lembah menuju lereng gunung. Angin tersebut dikenal dengan nama angin lembah.

Pada malam hari lereng gunung suhunya lebih rendah dibandingkan dengan lembah. Akibatnya tekanan udara di lereng gunung lebih tinggi dibandingkan dengan di bagian lembahnya. Karena itu, terjadilah angin gunung, yaitu angin yang bergerak dari lereng gunung menuju lembah.

Seperti halnya angin fohn, angin gunung dan angin lembah terjadi pada gunung atau pegunungan yang tinggi.

Thanks for read : Proses Terjadinya Angin Dan Jenis-Jenis Angin