Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Fisika Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Konten [Tampil]
Pengertian Fisika Secara Umum dan Menurut Para Ahli - Fisika berasal dari kata bahasa Yunani yang berarti“ alam”. Fisika ialah ilmu pengetahuan yang menekuni watak serta indikasi pada benda- benda di alam. Tanda- tanda ini pada mulanya yakni apa yang dirasakan oleh panca indera kita, contohnya penglihatan memandang optika ataupun sinar, indra pendengar pelajaran tentang bunyi, serta indera peraba yang khasiatnya bisa merasakan panas. 

Penafsiran Fisika Secara Umum

Fisika yakni salah satu ilmu pengetahuan alam dasar yang banyak digunakan bagaikan dasar untuk ilmu- ilmu yang lain. Fisika ialah ilmu yang menekuni indikasi alam secara totalitas. Fisika menekuni modul, tenaga, serta fenomena ataupun peristiwa alam, baik yang bertabiat makroskopis( berdimensi besar, semacam gerak Bumi mengelilingi Matahari) ataupun yang bertabiat mikroskopis( berdimensi kecil, semacam gerak elektron mengelilingi inti) yang berkaitan dengan pergantian zat ataupun tenaga.

Bidang fisika secara universal dibagi atas 2 kelompok, ialah 1. fisika klasik serta 2. fisika modern. Fisika klasik bersumber pada tanda- tanda yang ditangkap oleh indera. Fisika klasik meliputi mekanika, listrik magnet, panas, bunyi, optika, serta gelombang yang jadi perbatasan antara fisika klasik serta fisika modern. Fisika modern tumbuh mulai abad ke- 20, semenjak temuan teori relativitas Einstein serta radioaktivitas oleh keluarga Curie. 


Pengertian Fisika Menurut Para Ahli

1. Bambang Ruwanto
Menurut Bambang Ruwanto pengertian Fisika adalah bagian dari ilmu dasar atau sains dan ialah salah satu ilmu yang fundamental.

2. Gerthsen (1958)
Menurut Gerthsen, fisika merupakan sebagai suatu teori yang menerangkan gejala-gejala alam sesederhana mungkin dan berusaha menemukan hubungan antara kenyataan-kenyataannya. Permasalahan dasar untuk memecahkan persoalannya ialah mengamati gejala-gejala tersebut.

3. Young, Hough D
Menurut Young, Hough D, fisika merupakan salah satu ilmu yang sangat dasar dari berbagai ilmu pengetahuan.

4.Dahmen (1977)
Menurut Dahman, fisika merupakan sebagai suatu uraian tertutup tentang semua kejadian fisis yang didasarkan pada beberapa hukum dasar.

5. Mikrajudin
Menurut Mikrajudin, fisika merupakan cabang paling utama dalam sains karena berbagai prinsipnya menjadi dasar bagi setiap cabang sains lainnya.

6. Osa Pauliza
Menurut Osa Pauliza, fisika adalah sesuatu yang bisa diukur dan mempunyai nilai yang dinyatakan dalam bentuk satuan.

7. Ensiklopedia
Menurut Ensiklopedia, fisika adalah ilmu yang di dalamnya mempelajari benda beserta gerakannya juga manfaatnya bagi manusia.

8. Efrizon Umar
Menurut Efrizon Umar, fisika merupakan salah satu ilmu yang didasarkan pada besaran-besaran ilmu fisika.

9. Brockhaus (1972)
Menurut Brockhaus, fisika merupakan sebagai pelajaran tentang kejadian alam yang memungkinkan penelitian, percobaan, pengukuran apa yang didapat, penyajian secara sistematis, dan berdasarkan peraturan-peraturan umum.

10. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Menurut KBBI, fisika merupakan ilmu tentang zat dan energi seperti panas, bunyi, cahaya, dan lain-lain.

11. Weizacher (1979)
Menurut Weizacher, fisika merupakan sebagai teori peramaian alternatif-alternatif yang secara empiris dengan percobaan dapat dibeda-bedakan.

12. Deruxes (1986:12)
Menurut Deruxes, fisika merupakan sebagai ilmu pengetahuan yang berusaha menguraikan serta menjelaskan hukum alam dan kejadian-kejadian dalam alam dengan gambaran menurut pemikiran manusia.

13. Kusuma (1992 : 24)
Menurut Kusuma fisika, merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala alam yang terjadi pada suatu materi atau energi yang menempati ruang dan memiliki massa. Fisika merupakan cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari gejala alam secara keseluruhan.

Demikian adalah  Pengertian Fisika Secara Umum dan Menurut Para Ahli semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk saling share artikel ini, Terimakasih.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for " Pengertian Fisika Secara Umum dan Menurut Para Ahli "