Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ilmu Ekonomi Pertanian

Daftar Isi [Tampilkan]

Ekonomi pertanian merupakan gabungan dari ilmu ekonomi dengan ilmu pertanian yang memberikan arti sebagai berikut.Suatu ilmu yang mempelajari dan membahas serta menganalisis pertanian secara ekonomi, atau ilmu ekonomi yang diterapkan pada pertanian.

Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhan hidupnya. Dapat juga dikatakan ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari proses yang terjadi pada masyarakat, yang bertujuan untuk mendapatkan meteri yang cukup

Ilmu pertanian secara sempit dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang bercocok tanam.Tetapi arti yang terkandung di dalamilmu pertanian sesungguhnaya jauh lebih dalam.Yaitu  suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang pertanian, baik mengenai sub sektor tanaman pangan dan hortikultura, subsektor perkebunan, subsektor peternakan, maupun subsektor perikanan. Ilmu ini mulai dari pemilihan bibit, pembuatan bibit (pemuliaan), pengolahan tanah, penanaman, pemeliharaan, pemupukan, pemberantasan hama dan penyakit, sampai panen dan juga pascapanen.

Ekonomi pertanian, telah disinggung sebelumnya bahwa ekonomi pertanian merupakan gabungan dari ilmu ekonomi dengan ilmu pertanian. Ilmu ini menjadi satu ilmu tersendiri yang mempunyai manfaat yang besar dan berarti dalam proses pembangunan dan memacu pertumbuhan ekonomi suatu Negara. Di dalamnya tercakup analisis ekonomi dari proses (teknis) produksi dan hubungan-hubungan sosial dalam produksi pertanian.