Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Me Time? Manfaat dan 3 Langkah Me Time yang Bisa Dicoba

Daftar Isi [Tampilkan]

 Pengertian Me time yaitu istilah yang menggambarkan aktivitas seseorang yang menghabiskan waktu hanya dengan diri sendiri. Aktivitas ini dikenal sebagai self-care atau alone time (waktu menyendiri), namun ini berbeda dengan kondisi kesepian. Me time adalah cara yang sehat untuk memulihkan tenaga, menghilangkan stres, dan memulihkan diri. Sementara kesepian adalah sebuah kondisi isolasi mental / fisik yang tidak diinginkan yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mental, fisik, dan kemampuan kognitif.

Berikut beberapa manfaat me time untuk kesehatan mental:

  1. Memberi Anda waktu dan kebebasan untuk mengeksplorasi diri: Me time memberikan kesempatan untuk melepaskan diri dari tekanan sosial dan memanfaatkan pikiran, perasaan, dan pengalaman sendiri.
  2. Membiarkan pikiran mengembara, sehingga memperkuat dan meningkatkan kreativitas: Dalam momen me time, pikiran Anda dapat berkelana tanpa tekanan dan penilaian dari orang lain.
  3. Meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain: Setelah me time, Anda akan lebih menghargai hubungan dengan orang lain, sehingga kualitas hubungan juga meningkat

Bagaimana cara melakukan me time? Berikut 3 langkah yang dapat dicoba:

  1. Siapkan waktu khusus: Amati kalender atau jadwal rutinitas sehari-hari. Cari waktu luang khusus, tak perlu muluk-muluk ingin menghabiskan me time seharian. Bisa memulainya mulai dari lima menit atau 15 menit. Ingat, yang paling penting adalah konsistensi.
  2. Tentukan aktivitas yang Anda nikmati: Selama me time, berhenti sejenak dari media sosial, fokus pada pemikiran dan minat Anda sendiri, dan bukan pada apa yang dilakukan orang lain.
  3. Rencanakan waktu liburan atau jalan-jalan: Anda dapat merencanakan waktu untuk liburan atau mengunjungi tempat yang ingin sekali Anda kunjungi.

Ingatlah bahwa me time bukanlah kemewahan, melainkan investasi dalam kesehatan mental dan kesejahteraan Anda. Jadi, luangkan waktu untuk diri sendiri di tengah-tengah rutinitas sehari-hari!