Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Google adsense?

Daftar Isi [Tampilkan]


Jika Anda melihat Internet beberapa tahun yang lalu, Anda akan melihat bahwa iklan dilakukan dengan cara yang sangat mirip dengan jenis media lain seperti televisi, atau sebenarnya, lebih seperti apa yang Anda lihat di koran.

Anda akan memasuki sebuah situs, dan di beberapa lokasi Anda akan melihat spanduk (sering kali ini sangat banyak dan sangat besar), yang akan ditampilkan dan iklan untuk perusahaan apa pun yang membayar untuk menambah ruang Anda.

Tapi ada satu masalah dengan iklan semacam ini. Itu benar-benar tidak mengeksploitasi fakta bahwa tambahan itu tidak ada di surat kabar, tetapi malah disajikan melalui Internet.

Anda mungkin telah memperhatikan banyak hal seperti ini di halaman-halaman yang telah Anda jelajahi. Anda sedang melihat-lihat toko online, mencari arloji tetapi Anda mendapatkan spanduk yang mengiklankan mobil.

Walaupun Anda mungkin, pada suatu saat nanti ingin membeli mobil, saat ini Anda sedang mencari arloji dan pastinya akan lebih baik jika spanduk mengiklankan arloji, karena Anda mungkin akan mengkliknya.

Nah itu juga yang dipikirkan orang-orang di Google, jadi mereka datang dengan ide yang mematikan. Ini dikenal sebagai Google AdSense, dan itu dikenal sebagai program iklan bertarget

Apa yang Anda lakukan (sebagai perancang web / pemilik situs web) adalah, alih-alih melompat melewati lingkaran untuk mendapatkan beberapa spanduk di situs Anda yang bahkan pengunjung Anda tidak akan peduli, adalah Anda hanya mengalokasikan beberapa wilayah layar.

Anda kemudian mendaftar untuk program Google AdSense, Anda memasukkan potongan kecil kode di halaman web Anda dan Google memastikan bahwa di lokasi yang Anda tentukan, sebuah spanduk akan muncul, menyajikan tambahan yang relevan dengan konten situs Anda.

Sangat mudah bagi Google untuk melakukan ini karena Google adalah perusahaan mesin pencari. Itu mencari kata-kata kunci di halaman Anda, mencari database situs web untuk menemukan yang terkait dengan apa pun yang ada di halaman Anda dan presto: iklan yang ditargetkan.

Anda (webmaster) mendapatkan bayaran untuk setiap pengunjung yang mengklik banner adsense di situs Anda. Nah, itu pasti terjadi lebih sering daripada dengan spanduk tradisional karena orang-orang benar-benar tertarik pada apa yang ada di spanduk itu (jika tidak, mereka tidak akan ada di halaman Anda, bukan?).

Tapi, ini juga memberikan keajaiban bagi orang-orang yang ingin beriklan. Dan itu karena alasan yang sama. Hal terbesar tentang Google AdSense adalah bahwa semua konten dalam spanduk relevan.

Relevansi ini adalah kunci keberhasilan program, dan juga alasan mengapa semua orang tetap bahagia. Pengiklan memiliki iklan yang ditempatkan secara relevan, penerbit mendapatkan uang dari konten mereka dan Google mengambil bagian mereka.

Tentu saja, seperti biasa, Google telah menetapkan beberapa standar tinggi untuk program AdSense-nya, dalam hal penampilan dan fungsionalitas. Anda tidak dapat memiliki lebih dari dua spanduk seperti itu di situs web Anda dan Google hanya menyisipkan teks dalam spanduk ini.

Jadi manfaat tambahannya adalah iklan AdSense jauh lebih tidak menonjol daripada iklan biasa. Tetapi ini juga berarti Anda harus meletakkan banner dengan lebih baik karena ada kemungkinan pengunjung akan melewatkannya sama sekali.

Jadi pada akhirnya, Google AdSense adalah program periklanan yang unik karena iklan tersebut relevan dengan konten di situs. Siapa pun yang ingin beriklan membayar Google untuk itu. Siapa pun yang ingin menempatkan iklan di situs mereka melakukan ini melalui AdSense, dibayar oleh Google dalam proses.

Semua transaksi dijalankan melalui Google, dan pengiklan dan penerbit mendapatkan akses ke statistik yang membantu mereka untuk memahami dan memoderasi efektivitas kampanye mereka.

Seluruh prosesnya elegan, sederhana dan efektif dari siapa pun dalam rantai, dari pengunjung situs hingga pengiklan, dan itulah salah satu alasan Google dikenal karena inovasi dan pemikiran baru mereka.