Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seorang Imam adalah ma’shum, pendapat ini adalah keyakinan kaum

Daftar Isi [Tampilkan]

 Seorang Imam adalah ma’shum, pendapat ini adalah keyakinan kaum

a. Ahlussunnah wal jamaah

b. Khawarij

c. Imam Mahdi

d. Syiah

e. Wahabi

Jawaban D

Imamah dalam Islam

Dalam Islam, imamah adalah doktrin yang menekankan bahwa anggota tertentu dari garis keturunan Nabi Muhammad berasal dari Tuhan sebagai pemimpin spiritual dan pemandu umat Islam setelah kematian Muhammad. Konsep ini memiliki beberapa varian dan interpretasi di kalangan berbagai firqah (kelompok) dalam Islam.

  1. Ahlussunah Wal Jama’ah (Sunni): Ahlussunah Wal Jama’ah meyakini bahwa imamah bukanlah sifat ma’shum (bebas dari dosa). Mereka menganggap pemimpin umat (khalifah) dipilih berdasarkan kriteria keadilan, keberanian, dan kecakapan, bukan keturunan langsung dari Nabi Muhammad.
  2. Firqah Syiah: Firqah Syiah meyakini bahwa imam-imam mereka adalah ma’shum, artinya bebas dari dosa besar. Mereka menganggap imam-imam ini memiliki otoritas spiritual dan keabsahan dalam mengajarkan ajaran Islam.
  3. Firqah Jabariyah dan Murjiah: Firqah Jabariyah dan Murjiah memiliki pandangan berbeda tentang imamah. Jabariyah menganggap imamah tidak relevan, sementara Murjiah lebih fokus pada iman dan amal.

Jadi, pendapat tentang ma’shum dan imamah bervariasi di antara firqah dalam Islam. Setiap kelompok memiliki keyakinan dan interpretasi sendiri mengenai peran imam dalam mengarahkan umat

Source: 

(1) Mengenal Imamah dalam Islam, Pahami dari Pengertian dan Jenis-Jenisnya. https://www.liputan6.com/hot/read/5199062/mengenal-imamah-dalam-islam-pahami-dari-pengertian-dan-jenis-jenisnya.

(2) KeNUan XI IPA (FIRQAH DALAM ISLAM) | Quizizz. https://quizizz.com/admin/quiz/5e8b12e49792ee001dffbeb9/kenuan-xi-firqah-dalam-islam.

(3) MAKNA IMAM MENURUT AL-THABATHABA’I DALAM KITAB AL-MIZAN FI TAFSIR AL-QUR’AN. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=659971&val=10960&title=MAKNA%20IMAM%20MENURUT%20AL-THABATHABAI%20DALAM%20KITAB%20AL-MIZAN%20FI%20TAFSIR%20AL-QURAN.

(4) Yang Ma’shum Hanya Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam. https://almanhaj.or.id/3656-yang-mashum-hanya-nabi-shallallahu-alaihi-wa-sallam.html.

(5) Arti Maksum Sebagai Salah Satu Sifat yang Dimiliki Para Nabi dan Rasul. https://kumparan.com/berita-hari-ini/arti-maksum-sebagai-salah-satu-sifat-yang-dimiliki-para-nabi-dan-rasul-1waEaxyjy3k.