Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Bakhil, Dampak Negatif dan Cara Menghindari Sifat Kikir

Daftar Isi [Tampilkan]

Pengertian Bakhil / Kikir 

Bakhil adalah menahan harta yang seharusnya dia keluarkan. Al-Jurjani dalam kitab At-Ta 'rzfat mendefinisikan bakhil dengan menahan hartanya sendiri, yakni menahan memberikan sesuatu pada diri dan orang lain yang sebenarnya tidak berhak untuk ditahan atau dicegah, misalnya uang, makanan, minuman, dan lain-lain. 

Ketika orang memiliki uang, makanan, dan minuman yang mestinya bisa diberikan kepada yang membutuhkan, kemudian enggan untuk memberikannya, maka ia adalah bakhil. 

Dalam Tafsir Al-Maraghi Jilid IV Musthafa al Maraghi menjelaskan, bakhil artinya tidak mau menunaikan zakat dan enggan mengeluarkan harta di jalan Allah. Sebagai contoh, dia mempunyai kemampuan untuk membayar zakat tapi dia tahan (tidak menunaikannya), atau dia seorang yang memiliki banyak harta tapi manakala datang fakir miskin untuk meminta haknya justru tidak dia beri. 

Bakhil adalah sifat yang tercela karena sifat ini terlahir dari godaan syaithan. Bakhil dijadikan oleh syaithan sebagai jalan untuk menuju jalan ke neraka. Dalil yang melarang dari perbuatan bakhil di antaranya adalah QS. Al Isra: 29-30

وَلَا تَجْعَلْ يَدَكَ مَغْلُوْلَةً اِلٰى عُنُقِكَ وَلَا تَبْسُطْهَا كُلَّ الْبَسْطِ فَتَقْعُدَ مَلُوْمًا مَّحْسُوْرًا ٢٩ اِنَّ رَبَّكَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ وَيَقْدِرُ ۗاِنَّهٗ كَانَ بِعِبَادِهٖ خَبِيْرًاۢ بَصِيْرًا ࣖ ٣٠

29. Janganlah engkau jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu (kikir) dan jangan (pula) engkau mengulurkannya secara berlebihan sebab nanti engkau menjadi tercela lagi menyesal. 30. Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkan (-nya bagi siapa yang Dia kehendaki). Sesungguhnya Dia Mahateliti lagi Maha Melihat hamba-hamba-Nya.

Banyak contoh tentang kehancuran orang-orang yang bakhil. Salah satunya adalah Qarun sebagai raja kebakhilan yang pernah muncul di muka bumi ini. Di mana Allah akhirnya menenggelamkannya beserta pengikut dan hartanya. Kisah detailnya bisa dibaca dalam Al-Qur'an pada surah Al-Qashash. 

Hal ini perlu kita cermati sebagai pelajaran bahwa bakhil dapat membawa kehancuran di dunia dan di akhirat. Sifat bakhil muncul diakibatkan kecintaan yang berlebihan terhadap dunia, tidak adanya keyakinan tentang kemuliaan yang ada di Sisi Allah, tamak dan kagum kepada diri sendiri serta sebab-sebab lainnya. 

Dampak Negatif Perbuatan Bakhil

a. Mengakibatkan dosa besar

Islam menganggap bakhil sebagai perbuatan dosa besar. Hal ini telah dielaskan oleh Al-Quran: 

وَلَا يَحْسَبَنَّ الَّذِيْنَ يَبْخَلُوْنَ بِمَآ اٰتٰىهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖ هُوَ خَيْرًا لَّهُمْ ۗ بَلْ هُوَ شَرٌّ لَّهُمْ ۗ سَيُطَوَّقُوْنَ مَا بَخِلُوْا بِهٖ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗ وَلِلّٰهِ مِيْرَاثُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ ࣖ ١٨٠

180.  Jangan sekali-kali orang-orang yang kikir dengan karunia yang Allah anugerahkan kepadanya mengira bahwa (kekikiran) itu baik bagi mereka. Sebaliknya, (kekikiran) itu buruk bagi mereka. Pada hari Kiamat, mereka akan dikalungi dengan sesuatu yang dengannya mereka berbuat kikir. Milik Allahlah warisan (yang ada di) langit dan di bumi. Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.(QS. Ali Imran : 180).

b. Mengikuti Jejak Setan

Perbuatan kikir dapat di sebabkan beberapa faktor. karena hartanya merasa milik sendiri dan karena takut harta mereka berkurang, keduanya merupakan tipu daya setan Sebagaimana tercantum dalam Q.S Al -Baqoroh: 268. 

اَلشَّيْطٰنُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاۤءِ ۚ وَاللّٰهُ يَعِدُكُمْ مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ ۖ

268.  Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat keji (kikir), sedangkan Allah menjanjikan kamu ampunan dan karunia-Nya. Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui. 

c. Penghalang Masuk Surga

Allah memberikan pada orang kikir supaya merubah cara mereka berpikir dan Allah SWT. telah memberi mereka banyak karunia baik berupa harta, ilmu. kemegahan, maupun macam- macam kedunian lainnya. akan tetapi setelah karunia itu diterimanya untuk dimanfaatkan untuk dirinya sendiri dia enggan memebirikan sedekahnya untuk orang lain. Dalam sebuah hadis Rosul menegaskan bahwa orang yang kikir tidak akan masuk surga. 

d. Rizki Menjadi Sempit

Pelaku kikir/bakhil beranggapan bahwa kekikiran menguntungkan harta benda orang kikir beranggapan bahwa menyimpan harta untuk dirinya sendiri itu baik, akan tetapi secara tidak sadar mereka telah diperbudakkan oleh harta itu sendiri 

Dari Asma'ra, ia berkata : Nabi SAW berpesan kepadaku, janganlah kamu bakhil, yang menyebabkan kamu disempitkan rezqimu (HR.Bukhari) 

e. Sumber Malapetaka Kemanusiaan

Penyakit bakhil akan menyebabkan malapetaka yang besar terhadap suatu masyarakat. Penyakit ini bisa menanamkan rasa dengki dan iri hati dalam jiwa orang orang fakir miskin terhadap orang orang kaya yang bakhil. 

Sebagai akibatnya, orang - orang miskin tersebut akan mencari cari kesempatan yang tepat untuk melampiaskan rasa kedengkiannya terhadap orang orang kaya yang bakhil, dan berusaha mencari jalan untuk menghancurkan harta kekayaan mereka, 

Sebagaimana tercantum dalam QS. Al Lail ayat 8-11,

وَاَمَّا مَنْۢ بَخِلَ وَاسْتَغْنٰىۙ ٨ وَكَذَّبَ بِالْحُسْنٰىۙ ٩ فَسَنُيَسِّرُهٗ لِلْعُسْرٰىۗ ١٠ وَمَا يُغْنِيْ عَنْهُ مَالُهٗٓ اِذَا تَرَدّٰىٓۙ ١١

8. Adapun orang yang kikir dan merasa dirinya cukup (tidak perlu pertolongan Allah) 9. serta mendustakan (balasan) yang terbaik, 10. Kami akan memudahkannya menuju jalan kesengsaraan. 11. Hartanya tidak bermanfaat baginya apabila dia telah binasa.

Menghindari Sifat Bakhil

a. Keyakinan bahwa segala sesuatu itu milik Allah

Ketika seseorang telah merasa bahwa segala sesuatu milik Allah maka ia tidak merasa memiliki terhadap benda andai kata ia diberi keleluasaan rizki oleh Allah maka hatinya akan terdorong untuk bersedekah. Sebagaimana firman Allah S WT. QS. Ali Imron 109. 

وَلِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِ ۗوَاِلَى اللّٰهِ تُرْجَعُ الْاُمُوْرُ ࣖ

109.  Milik Allahlah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi dan hanya kepada Allah segala urusan dikembalikan.

b. Banyak bersyukur atas nikmat yang Allah berikan

Konsekwensinya jika seorang mensyukuri nikmat Allah. Maka Dia memberi tambahan yang lebih baik. Namun apabila mengingkarinya maka ingatlah sesungguhnya azab-Nya sangat pedih. Karena sesungguhnya kebersyukuran manusia hakikatnya untuk dirinya sendiri. 

Sebagaimana firman Allah QS. An Naml :40 

وَمَنْ شَكَرَ فَاِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهٖۚ وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ رَبِّيْ غَنِيٌّ كَرِيْمٌ

40. Siapa yang bersyukur, maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri. Siapa yang berbuat kufur, maka sesungguhnya Tuhanku Mahakaya lagi Mahamulia.”

c. Gemar melakukan kegiatan sosial dengan infak dan sedekah

Kegemaran mengikuti kegiatan yang dinilai agama sebagai kebaikan akan member motivasi tersendiri untuk melaksanakan anjuran agama seperti infak dan sedekah sehingga tumbuh keyakinan bahwa infak dan sedekah bernilai positif baik pada Sisi jasmani dan rohani sekaligus anggapan bahwa infak dan sedekah akan menjadikan manusia miskin. Sebagaimana firman Allah QS. Al Baqarah :261. 

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

261.  Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah seperti (orang-orang yang menabur) sebutir biji (benih) yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui.

d. Memohon Perlindungan dari Allah dari sifat Bakhil / Kikir

Ada sebuah do'a sederhana yang jaami' (singkat dan syarat makna) yang sudah sepatutnya kita menghafalkannya karena amat bermanfaat. Do'a ini berisi permintaan agar kita terhindar dari penyakit hati yaitu pelit lagi tamak yang merupakan penyakit yang amat berbahaya.

Terimakasih sudah berkunjung di Pengertian Bakhil, Dampak Negatif dan Cara Menghindari Sifat Kikir