Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hukum Bacaan Mad Badal, Silah, Farqi dan Mad Tamkin

Daftar Isi [Tampilkan]

Al-Qur'an Adalah kitab suci agama Islam. Al-Qur'an merupakan wahyu Allah Swt. yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw melalui malaikat Jibril yang bertugas menyampaikan wahyu. Sebagai seorang muslim, wajib untuk mempelajari dan mengamalkan apa yang terkandung di dalam kitab suci Al-Qur'an. 

Sebelum mengamalkan isi Al-Qur'an, maka terlebih dahulu kita harus mengerti bagaimana cara membaca Al-Qur'an yang baik dan benar, yaitu dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid. 

Ilmu tajwid merupakan suatu ilmu yang secara spesifik mempelajari tentang tata cara membaca Al-Quran yang baik dan benar. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa mempelajari ilmu tajwid hukumnya fardhu kifayah bagi umat Islam. Namun, membaca Al- Qur'an dengan menerapkan ilmu tajwid hukumnya fardhu ain. 

Jadi, wajib bagi setiap individu muslim untuk membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar berdasarkan ilmu tajwid. 

Salah satu hukum bacaan yang penting dipelajari dalam ilmu tajwid adalah hukum bacaan mad. Mad artinya memanjangkan hukum bacaan suatu huruf menurut aturan-aturan tertentu di dalam membaca Al-Qur'an. Hukum bacaan mad memiliki cakupan yang sangat luas, namun macam macam mad secara umum dibagi menjadi dua, yaitu mad asli dan mad far'i. 

Mad asli disebut dengan mad thabi'i. sementara mad far'i merupakan cabang atau bagian-bagian dari hukum bacaan mad yang lain, Ada banyak sekali hukum bacaan mad far’i, di antaranya yang akan kita pelajari pada bab ini dengan sebaik-baiknya. Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan belajar membaca al-Qur'an dengan benar, dalam bab ini akan dipelajari hukum bacaan mad silah, mad badal, mad tamkin, dan mad farqi. 

Hukum Bacaan Mad 

Mad Silah

Mad menurut bahasa artinya panjang dan silah artinya hubungan. Secara istilah tajwid mad silah adalah apabila ada ha dlomir yang berharakat yang mufrod mudzakar (kata ganti laki laki tunggal) berada di antara dua huruf hidup. 

Mad silah ada dua macam yaitu: 

1. Mad silah qasirah

Mad silah qasirah adalah apabila ha dlomir berada diantara dua huruf hidup dan setelah ha dlomir berupa huruf hijaiyah selain huruf hamzah (ء). Panjang bacaan mad silah qasirah adalah satu alif atau dua harakat.

Contoh mad silah qasirah: لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ

2. Mad Silah Tawilah

Mad silah tawilah adalah apabila ha dlomir berada diantara dua huruf hidup dan setelah ha dlomir berupa huruf hamzah. Panjang bacaan mad silah tawilah adalah dua alif setengah atau lima harakat.

Contoh mad silah tawilah:

مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖ

وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ

3. Ha dlomir yang tidak boleh dibaca Panjang, apabila:

a) Ha dlomir berada diantara dua huruf mati, contoh: يَأْتِيْهِ الْمَوْت

b) Ha dlomir didahului huruf mati dan setelahnya huruf hidup

Contoh فِيْهِ هُدًى , خُذُوْهُ فَاغْتِلُوْهُ اِلَى

Catatan: kecuali ha dlomir dalam QS Al Furqon ayat 69 yang berbunyi ha dlomirnya tetap dibaca Panjang satu alif meskipun ha dlomirnya didahului huruf sukun. Perhatikan bunyi ayat berikut ini:

يُّضٰعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ وَيَخْلُدْ فِيْهٖ مُهَانًا ۙ

c) Ha dlomir didahului huruf hidup dan setelahnya huruf mati. Contoh: لَهُ الْمُلْك , بِهِ الله

Mad Badal

Mad artinya Panjang dan badal artinya ganti atau pengganti. Mad badal artinya apabila ada hamzah yang terletak sebelum huruf mad dalam satu kalimah.

Bernama mad badal sebab mad ini asalnya hamzah sukun yang terletak setelah hamzah yang berharakat kemudian hamzah sukun diganti dengan huruf mad yang sesuai dengan harakat hamzah sebelumnya.

Panjang bacaan mad badal adalah satu alif atau dua harakat.

Cara membaca mad badal adalah memanjangkan hamzah yang berharakat (fathah/ dhammah/ kasrah) sebagaimana mad thabi’i yaitu dipanjangkan selama satu alif atau dua harakat. Contoh mad badal:

QS. AL Gosyiyah 5: 

تُسْقٰى مِنْ عَيْنٍ اٰنِيَةٍ ۗ

QS Al Quraisy 4:

وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ ࣖ

QS Al Ala 17:

وَالْاٰخِرَةُ خَيْرٌ وَّاَبْقٰىۗ

Mad Tamkin

Mad artinya Panjang dan tamkin adalah penetapan, penguatan dan pemantapan. Mad tamkin adalah apabila ada ya’ sukun didahului huruf ya’ bertasydid dan berharakat kasrah.

Panjang bacaan mad tamkin adalah satu alif atau dua harakat.

Cara membaca mad tamkin adalah dengan memantapkan bunyi huruf ya’ yang bertasydid dengan ditekan dan ditahan kemudian ya dipanjangkan satu alif.

Contoh mad tamkin:

QS An Nisa ayat 86:

وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَا ۗ

QS Al Muthoffifin ayat 18:

كَلَّآ اِنَّ كِتٰبَ الْاَبْرَارِ لَفِيْ عِلِّيِّيْنَۗ

Mad Farqi

Mad adalah Panjang dan farqi artinya pembeda. Mad farqi adalah bacaan yang berfungsi untuk membedakan kalimat istifham (pertanyaan) dengan kalimat khabar (keterangan).

Panjang bacaan mad farqi adalah tiga alif atau enam harakat. Dalam al quran contoh mad farqi hanya terdapat dalam empat ayat:

Surat Al An’am ayat 143:

ثَمٰنِيَةَ اَزْوَاجٍۚ مِنَ الضَّأْنِ اثْنَيْنِ وَمِنَ الْمَعْزِ اثْنَيْنِۗ قُلْ ءٰۤالذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ اَمِ الْاُنْثَيَيْنِ اَمَّا اشْتَمَلَتْ عَلَيْهِ اَرْحَامُ الْاُنْثَيَيْنِۗ نَبِّـُٔوْنِيْ بِعِلْمٍ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ

Surat Al An’am ayat 144:

وَمِنَ الْاِبِلِ اثْنَيْنِ وَمِنَ الْبَقَرِ اثْنَيْنِۗ قُلْ ءٰۤالذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ اَمِ الْاُنْثَيَيْنِ اَمَّا اشْتَمَلَتْ عَلَيْهِ اَرْحَامُ الْاُنْثَيَيْنِۗ اَمْ كُنْتُمْ شُهَدَاۤءَ اِذْ وَصّٰىكُمُ اللّٰهُ بِهٰذَاۚ فَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرٰى عَلَى اللّٰهِ كَذِبًا لِّيُضِلَّ النَّاسَ بِغَيْرِ عِلْمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الظّٰلِمِيْنَ ࣖ

Surat Yunus ayat 59:

قُلْ اَرَءَيْتُمْ مَّآ اَنْزَلَ اللّٰهُ لَكُمْ مِّنْ رِّزْقٍ فَجَعَلْتُمْ مِّنْهُ حَرَامًا وَّحَلٰلًا ۗ قُلْ ءٰۤاللّٰهُ اَذِنَ لَكُمْ اَمْ عَلَى اللّٰهِ تَفْتَرُوْنَ

Surat An Naml ayat 59:

قُلِ الْحَمْدُ لِلّٰهِ وَسَلٰمٌ عَلٰى عِبَادِهِ الَّذِيْنَ اصْطَفٰىۗ ءٰۤاللّٰهُ خَيْرٌ اَمَّا يُشْرِكُوْنَ ۔

Demikian hukum bacaan mad khususnya mad silah, badal, tamkin dan farqi.