Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hak dan Kewajiban Suami Istri Menurut Agama Islam

Daftar Isi [Tampilkan]

Hak dan Kewajiban Suami Istri Menurut Agama Islam
sumber pixabay

Terwujudnya keluarga yang sakinah dalam rumah tangga dapat terwujud, jika kedua belah pihak saling mengetahui hak dan kewajiban suami istri, baik sebagai seorang suami ataupun istri dalam rumah tangga ada kewajiban bersama yang harus dipahami oleh keduanya. Berikut ini akan dijelaskan kewajiban suami istri (kewajiban Bersama), kewajiban suami, hak istri dan kewajiban istri-hak suami, 

Kewajiban Bersama Suami Istri

Kewajiban bersama yang yang harus dijalankan oleh suami dan istri adalah:

  1. Mewujudkan pergaulan yang serasi, rukun, damai, dan saling pengertian; 
  2. Menyanyangi anak-anaknya; 
  3. Memelihara, menjaga, mengajar dan mendidik anak 

Kewajiban Suami

Berikut ini kewajiban suami terhadap istri dan keluarganya:

1. Kewajiban memberi nafkah

Memberikan nafkah atau belanja kepada seorang istri adalah sangat penting sekali, yaitu dengan memenuhi kebutuhan hidup baik sandang, pangan, tempat tinggal, pendidikan, kesehatan dan sebagainya. Artinya kebutuhan primer dan sekunder harus terpenuhi sesuai dengan kesanggupannya. 

2. Kewajiban bergaul dengan istri secara baik.

Mempergauli istri dengan cara yang baik adalah merupakan kewajiban yang harus dikerjakan oleh seorang suami. Pergaulan yang baik itu harus didasarkan pada norma agama yang berlandaskan pada akhlak yang mulia. 

3. Kewajiban memimpin keluarga

Suami berkewajiban memimpin keluarga (istri dan anak-anaknya), agar tujuan perkawinan menjadi keluarga yang bahagia sejahtera lahir dan batin dapat terpenuhi. Keteladan suami sebagai seorang pemimpin harus nampak dihadapan isti dan anak-anaknya. Sebagaimana firman Allah SWT.

"Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh Karena Allah Telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan Karena mereka (laki-laki) Telah menafkahkan sebagian dari harta mereka"( Q.S. An-Nisa'/4 : 34 ) 

4. Kewajiban mendidik keluarga

Mendidik keluarga merupakan tanggung jawab suami, baik pendidikan agama maupun umum. Keberhasilan pendidikan dalam keluarga sangat tergantung peran orang tua dalam mendidik anak- anaknya. Pendidikan anak bisa dimulai saat masih dalam kandungan hingga dia dilahirkan. Diharapkan dengan ilmu yang dimiliki bisa mengamalkan dalam kehidupan sehingga bisa terhindar dari siksa api neraka. 

Kewajiban Istri

Berikut ini kewajiban istri terhadap suami dan keluarganya:

1. Kewajiban mentaati suami

Istri wajib taat kepada suami, karena suami adalah pemimpin keluarga. Selama perintah itu datangnya dari Allah SWT dan Sunah Rasul, maka apa yang diperintahkan suami harus dikerjakan sesuai dengan kemampuannya. 

2. Kewajiban menjaga kehormatan

 فَالصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللّٰهُ 

34 Perempuan-perempuan saleh adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada karena Allah telah menjaga (mereka). (QS An-Nisa'/4 : 34 ) 

3. Kewajiban mengatur umah tangga

Kewajiban istri yang lain adalah melayani keluarga dan mengatur rumah tangga. Pekerjaan mengurus rumah tangga tidak harus dikerjakan oleh istri sendiri, tetapi bisa dikerjakan secara bersama dalam anggota keluarga. Akan tetapi istri bertanggung jawab atas terlaksananya tugas-tugas dalam rumah tangga. 

4. Kewajiban mendidik anak

Merididik anak dalam rumah tangga lebih dominan seorang istri daripada suami. Istri lebih dekat hubungannya dengan anak-anaknya daripada suami. 

وَلَهُنَّ مِثْلُ الَّذِيْ عَلَيْهِنَّ بِالْمَعْرُوْفِۖ وَلِلرِّجَالِ عَلَيْهِنَّ دَرَجَةٌ ۗ وَاللّٰهُ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ ࣖ

228. Mereka (para perempuan) mempunyai hak seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang patut. Akan tetapi, para suami mempunyai kelebihan atas mereka. Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana. (QS Al Baqarah/2 : 228 )

Terimakasih sudah membaca Hak dan Kewajiban Suami Istri Menurut Agama Islam