Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Al Gaffar? Meneladani Sifat Allah yang Maha Pengampun

Daftar Isi [Tampilkan]

 Pengertian Al Gaffar

Ap aitu Al Gaffar? Al Gaffar artinya berasal dari kata gafara yang berarti menutup. Ada juga berpendapat bahwa ia diambil dari kata al-Gafaru yang artinya tumbuhan yang digunakan untuk mengobati luka. Jika diambil pendapat yang pertama Allah Swt melalui asma-Nya al Gaffar menampakkan kebaikanNya dengan menutupi keburukan manusia di dunia dengan anugerahNya. 

Sementara pendapat yang kedua berarti Allah Swt memberikan anugerah penyesalan atas dosa bagi hambaNya yang akhirnya penyesalan atas dosa bagi hambanNya yang akhirnya penyesalan ini sebagai obat yang menyembuhkan dan terhapusnya dosa.

Di dalam al Quran kata al-Gaffaf disebutkan sebanyak lima kali dua ayat disebutkan dengan terpisah yang identik dengan pengampunan dosa seperti di dalam firman Allah Swt:

"Maka Aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya dia adalah Maha Pengampun -, "

Sementara tiga ayat lainnya disandingkan dengan sifat Aziz. Hal yang terakhir ini tidak menunjukkan pengampunan dosa melainkan Allah Swt dengan al Gaffarnya menutupi dosa serta kesalahan dan banyak hal lainnya dari diri manusia. Hal ini diantaranya terdapat dalam al-Qur'an:

"Tuhan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun".

Meneladani Allah dengan sifat Al Gaffar

Imam al-Ghazali mengartikan alGaffar Allah sebagai Dzat menampakkan keindahan dan menutupi keburukan. Dosa yang dilakukan oleh seseorang adalah keburukan yang ditutupi oleh Allah sehingga tidak terlihat orang lain di dunia dan dikesampingkan kelak di akhirat. Di antara hal yang ditutupi oleh Allah Swt pada manusia:

Pertama, tubuh bagian manusia dengan bentuk lahiriah yang indah.

Kedua, bisikan dan kehendak hati manusia yang buruk.

Ketiga, dosa dan kesalahan manusia yang semestinya diketahui oleh khalayak umum.

Dengan demikian arti al Gaffar demikian luas karena mencakup berbagai hal dan bukan hanya semata-mata tertuju kepada seluruh manusia di muka bumi ini.

Kita dapat meneladani Allah melalui sifat al Gaffar ini dengan cara memiliki sifat-sifat berikut:

  1. Senantiasa memaafkan kesalahan orang lain
  2. Menutupi kesalahan orang lain dengan tidak membeberkannya
  3. Menampakkan kelebihan orang lain dengan tidak menampilkan kekurangannya.