Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makhluk Ghaib Selain Malaikat : Jin dan Iblis/Setan

Daftar Isi [Tampil]

Selain malaikat, makhluk ghaib yang diciptakan oleh Allah adalah jin dan iblis/setan. Walaupun sama-sama makhluk ghaib antara malaikat, jin, iblis/setan mempunyai perbedaan, baik dalam bentuk, sifat dan wujudnya.

Pengertian Jin

Kata JIN berasal dari bahasa Arab yang artinya : menutupi atau merahasiakan. Maksudnya adalah bahwa Jin itu tertutup oleh panca indera. Ia adalah makhluk halus yang tidak dapat dilihat dalam bentuk aslinya, kecuali jika merubah dirinya dalam bentuk yang lain.

Karena Jin juga diberi atau dibekali akal oleh Allah maka iapun terkena kewajiban menjalankan Syariat Agama.

Menurut Ibnu Katsir, dalam tafsirnya menyebutkan bahwa Jin adalah makhluk ghaib yang diciptakan dari percikan api (marij min nar) yang berhawa panas. Hal ini seperti tercantum dalam Al Quran surat Ar Rahman ayat 14 – 15 :

خَلَقَ ٱلۡإِنسَـٰنَ مِن صَلۡصَـٰلٍ۬ كَٱلۡفَخَّارِ (١٤) وَخَلَقَ ٱلۡجَآنَّ مِن مَّارِجٍ۬ مِّن نَّارٍ۬ (١٥)
Artinya : Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar, (14) dan Dia menciptakan jin dari nyala api. (15)

Allah menciptkan jin dan manusia agar beribadah kepada Allah, sebegaimana firman Allah :

وَمَا خَلَقۡتُ ٱلۡجِنَّ وَٱلۡإِنسَ إِلَّا لِيَعۡبُدُونِ (٥٦)
Artinya : Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku. (Q.S. Adz Dzariyat : 56)

Tetapi pada kenyataanya, sebagaimana manusia, jin ada yang taat dan beribadah kepada Allah dan juga ada yang kafir dan durhaka kepada Allah, sebagaimana tercantum dalam Q.S. Al Jinn ayat 1 – 2 :

قُلۡ أُوحِىَ إِلَىَّ أَنَّهُ ٱسۡتَمَعَ نَفَرٌ۬ مِّنَ ٱلۡجِنِّ فَقَالُوٓاْ إِنَّا سَمِعۡنَا قُرۡءَانًا عَجَبً۬ا (١) يَہۡدِىٓ إِلَى ٱلرُّشۡدِ فَـَٔامَنَّا بِهِۦ‌ۖ وَلَن نُّشۡرِكَ بِرَبِّنَآ أَحَدً۬ا (٢)
Artinya : Katakanlah [hai Muhammad]: "Telah diwahyukan kepadaku bahwasanya: sekumpulan jin telah mendengarkan [Al Qur’an], lalu mereka berkata: "Sesungguhnya kami telah mendengarkan Al Qur’an yang menakjubkan, (1) [yang] memberi petunjuk kepada jalan yang benar, lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan seorangpun dengan Tuhan kami, (2)

Pada masa Nabi Sulaiman, beliau mempunyai bala tentara dari golongan jin, manusia, burung dan hewan-hewan lainnya. Hal ini diungkapkan dalam Q.S. An Naml ayat 17 :

وَحُشِرَ لِسُلَيۡمَـٰنَ جُنُودُهُ ۥ مِنَ ٱلۡجِنِّ وَٱلۡإِنسِ وَٱلطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوزَعُونَ (١٧)
Artinya : Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib [dalam barisan]. (Q.S. An Naml : 17)

Pengertian Iblis / Setan

Iblis berasal dari kata bahasa Arab Ibliis artinya ‘putus asa dari rahmat’ (kasih sayang tuhan) atau jauh dari kebaikan. Sedangkan Syaitan juga dari kata bahasa Arab Syaithan artinya ‘jauh’. Maksudnya bahwa Syaitan itu amat jauh dari kebaikan dan amat dekat dengan kejahatan.

Iblis atau Syaitan adalah makhluk sebangsa jin yang diciptakan Allah selalu merangsang keinginan hawa nafsu rendah manusia.

Iblis / setan adalah makhluk ghaib yang diciptakan dari nyala api itu sendiri. Ketika Allah menciptakan Adam, Allah memerintahkan kepada malaikat dan iblis untuk bersujud kepada Adam (sebagai tanda kehormatan, maka malaikatpun bersujud, sedangkan iblis/setan tidak mau bersujud.

Sebagaimana firman Allah dalam Q.S. Al Baqarah ayat 34 :

وَإِذۡ قُلۡنَا لِلۡمَلَـٰٓٮِٕكَةِ ٱسۡجُدُواْ لِأَدَمَ فَسَجَدُوٓاْ إِلَّآ إِبۡلِيسَ أَبَىٰ وَٱسۡتَكۡبَرَ وَكَانَ مِنَ ٱلۡكَـٰفِرِينَ (٣٤)
Artinya : Dan [ingatlah] ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah*) kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. (Q.S. Al Baqarah : 34)

*) sujud di sini berarti menghormati dan memuliakan Adam, bukanlah berarti sujud memperhambakan diri, karena sujud memperhambakan diri itu hanyalah semata-mata kepada Allah.

Ia tidak mau bersujud kepada Adam, karena ia sombong, merasa lebih mulia dari pada Adam. Adam dibuat dari tanah, sedangkan ia (iblis) dibuat dari api, sebagaimana firman Allah dalam Q.S. Al A’raaf ayat 12 :

قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلَّا تَسۡجُدَ إِذۡ أَمَرۡتُكَ‌ۖ قَالَ أَنَا۟ خَيۡرٌ۬ مِّنۡهُ خَلَقۡتَنِى مِن نَّارٍ۬ وَخَلَقۡتَهُ ۥ مِن طِينٍ۬ (١٢)
Artinya : Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud [kepada Adam] di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis: "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah". (12)

Semua iblis / setan ingkar kepada Allah. Iblis atau setan selalu mengajak manusia ke jalan yang sesat. Iblis menyesatkan dengan cara membungkus kesesatan / kejahatan dengan kesenangan.

Sehingga manusia memandang perbuatan itu sebagai perbuatan yang baik dan menyenangkan, padahal sebenarnya menyesatkan, sebagaimana firman Allah :

قَالَ رَبِّ بِمَآ أَغۡوَيۡتَنِى لَأُزَيِّنَنَّ لَهُمۡ فِى ٱلۡأَرۡضِ وَلَأُغۡوِيَنَّہُمۡ أَجۡمَعِينَ (٣٩)
Artinya : Iblis berkata: "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik [perbuatan ma’siat] di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, (Q.S. Al Hijr : 39)

Karena iblis telah laknat oleh Allah, maka iblis meminta pada Allah agar umurnya ditangguhkan sampai hari kiamat kelak, agar dia bisa menyesatkan anak-anak Adam sebanyak-banyaknya.

Tetapi tidak semua manusia bisa disesatkan oleh iblis, hanya orang-orang yang beriman dan beribadah dengan ikhlas karena Allah yang tidak dapat disesatkan oleh Allah. Sebagaimana firman Allah :

قَالَ أَرَءَيۡتَكَ هَـٰذَا ٱلَّذِى ڪَرَّمۡتَ عَلَىَّ لَٮِٕنۡ أَخَّرۡتَنِ إِلَىٰ يَوۡمِ ٱلۡقِيَـٰمَةِ لَأَحۡتَنِكَنَّ ذُرِّيَّتَهُ ۥۤ إِلَّا قَلِيلاً۬ (٦٢)
Artinya : Dia [iblis] berkata: "Terangkanlah kepadaku inikah orangnya yang Engkau muliakan atas diriku? Sesungguhnya jika Engkau memberi tangguh kepadaku sampai hari kiamat, niscaya benar-benar akan aku sesatkan keturunannya, kecuali sebahagian kecil". (Q.S. Al Isra : 62)

Ciri-Ciri

1. Manusia

Adapaun ciri-ciri manusia antara lain sebagai berikut :

  • Diciptakan dari tanah liat (min sulaalatin min tiin)
  • Butuh makan dan minum
  • Berjenis kelamin laki-laki dan perempuan
  • Jumlahnya terus bertambah karena adanya perkawinan
  • Ada yang taat dan ada yang durhaka kepada Allah, sehingga ada yang masuk surga ataupun masuk neraka
  • Mempunyai batas umur tertentu (dapat mati) sebelum hari kiamat. Sehingga jumlahnya bisa berkurang
  • Mempunyai bentuk fisik yang dapat diindera

2. Jin

Adapaun ciri-ciri Jin antara lain sebagai berikut :

  • Diciptakan dari percikan api (marij min nar) yang berhawa panas
  • Butuh makan dan minum
  • Berjenis kelamin laki-laki dan perempuan
  • Jumlah bisa bertambah, karena adanya perkawinan
  • Ada yang taat ada pula yang durhaka kepada Allah, sehingga ada yang masuk surga dan ada yang masuk neraka
  • Mempunyai batas umur tertentu (dapat mati) sebelum hari kiamat, sehingga jumlahnya bisa berkurang.
  • Mempunyai bentuk tubuh yang tidak bisa diindera oleh manusia

3. Iblis / setan

Adapaun ciri-ciri iblis atau setan antara lain sebagai berikut :

  • Diciptakan dari nyala api yang panas (al naar al samuum)
  • Gemar makan dan minum, tetapi jika tidak makan atau tidak minum mereka tidak apa-apa masih hidup
  • Ada yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan
  • Mempunyai nafsu seks sehingga mereka berkembang biak secara cepat dan terus bertambah
  • Semuanya tidak ada yang taat pada Allah, sehingga ia masuk neraka semua
  • Tidak akan mati sebelum datangnya hari kiamat, sehingga jumlahnya terus bertambah, sejak penciptaannya sampai sekarang
  • Mempunyai tubuh yang tidak dapat diindera oleh manusia
  • Selalu mengajak pada hal-hal yang dilarang Allah

Hikmah percaya adanya makhluk ghaib selain Malaikat

Setalah kita mempelajari bahwa ada makhluk ghaib selain malaikat maka dapat kita ambil beberapa hikmah antara lain :

  1. Dapat menjauhkan diri dari perbuatan yang dilarang Allah, karena perbuatan tersebut merupakan umpan setan untuk menyesatkan manusia
  2. Dapat lebih memperjelas, siapa sebenarnya musuh kita, sehingga jangan sampai terkecoh dengan tipu dayanya
    1. Dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah, karena dengan mendekatkan diri kepada Allah maka Allah akan menjaga kita dari godaan setan yang terkutuk.

Kesimpulan

Makhluk ghaib yang diciptakan Allah tidak hanya ada malaikat melainkan terdapat juga makhluk ghaib lainnya, yaitu Jin dan Iblis/setan. Jin merupakan makhluk ghaib yang diciptakan dari pecikan api yang berhawa panas, sedangkan setan terbuat dari nyala api yang panas. Baik jin dan iblis/setan maupun melaikat kita sebagai manusia yang beriman harus mempercayai keberadaannya.

Post a Comment for "Makhluk Ghaib Selain Malaikat : Jin dan Iblis/Setan"

Kunjungi : Banyak Diskon Hingga 80% dari Lazada + Gratis Ongkir. Jangan Sampai Kelewatan


close
Banner iklan disini