Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mudah Membuat Ide Kreatif Bekerja dalam Membuat Artikel

Daftar Isi [Tampilkan]

 Menulis artikel tidak hanya berarti meletakkan pemikiran ke dalam kata-kata lalu mengetik dan menulisnya. Anda harus menarik minat pembaca Anda dan membuat mereka terus membaca. 

Untuk mengirimkan pesan Anda, Anda harus mendapatkan perhatian pembaca dan memahami minat mereka serta menimbulkan rasa ingin tahu mereka.

Bahan utama dalam membuat artikel adalah kreativitas dalam dosis besar. Sementara kreativitas mungkin menjadi hal yang alami bagi banyak orang, beberapa hanya menjadi penghalang atau sesuatu yang dapat membuat seseorang gila. 

Banyak penulis benar-benar merobek rambut mereka ketika mereka mendapatkan blok penulis dan sepertinya tidak bisa mendapatkan ide kreatif mereka mengalir.

Menempatkan kata-kata menjadi gambar di benak pembaca adalah sebuah seni. Penggambaran yang jelas dan tajam membutuhkan bakat tertentu yang hanya dapat diberikan oleh kreativitas. 

Perumpamaan dan metafora sangat membantu, tetapi cara artikel terjalin kata demi kata, kalimat demi kalimat, lalu paragraf demi paragraf menjadi satu artikel utuh mengembangkan esensi artikel.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan jika tidak ada yang terlintas dalam pikiran? Tidak ada cara pasti untuk mendapatkan ide yang sempurna, tetapi ada cara mudah untuk membuat ide kreatif Anda mengalir. 

Tidak ada yang bisa menjamin Anda memiliki pola pikir yang sempurna, tetapi banyak metode dapat membantu Anda mencapai keadaan pikiran itu. Berikut lima cara mudah untuk itu.

1) Bawalah buku harian atau jurnal dengan Anda selalu

Ide dapat dipicu oleh apa pun yang mungkin Anda dengar, lihat, atau cium. Indra Anda adalah radar Anda dalam menemukan ide-ide hebat. Tulis semuanya ke dalam jurnal dan simpan bersama Anda untuk referensi di masa mendatang. 

Anda juga dapat menuliskan apa pun yang pernah Anda baca atau dengar, ide seseorang dapat digunakan untuk mengembangkan ide Anda sendiri dan ini tidak mencuri. Ingatlah bahwa ide dan kreativitas bisa datang dari mana saja; pengembangan ide itulah yang membuatnya unik.

2) Santai dan luangkan waktu untuk menyelesaikan masalah

Pikiran yang campur aduk tidak dapat menciptakan ruang untuk ide-ide baru. Setiap orang harus memiliki pikiran yang jernih jika ingin memiliki kreativitas dalam kecepatan penuh. 

Singkirkan semua rintangan yang bisa menjadi penghalang kreativitas Anda. Jika Anda merasa terganggu oleh sesuatu, Anda tidak bisa memaksa pikiran Anda untuk tetap fokus.

Cobalah untuk rileks setiap kali Anda bisa dan pikirkan tentang pengalaman dan interaksi Anda dengan orang lain. Pengalaman Anda inilah yang membentuk pola pikir dan opini Anda yang tercermin dalam tulisan Anda. 

Cobalah temukan diri Anda, cari tahu apa yang memicu emosi Anda. Temukan apa yang menginspirasi Anda dan apa yang membuat Anda bersemangat. Anda dapat menggunakan emosi ini untuk membantu Anda mengekspresikan diri dan ide Anda, dengan ini Anda dapat tumbuh secara kreatif.

3) Ciptakan tempat kerja yang dapat menginspirasi kreativitas Anda. 

Tempat kerja Anda bisa menjadi penghalang jika tidak membuat Anda merasa bahagia atau santai. Kreativitas berasal dari keadaan pikiran yang baik dan tempat kerja yang kacau yang menyebabkan gangguan tidak akan kondusif dalam memicu aliran kreatif Anda.

Kelilingi tempat kerja Anda dengan benda-benda yang membuat Anda bahagia dan rileks. Anda dapat memasang gambar, atau aroma, objek yang menginspirasi, atau apa pun yang dapat membuat kreativitas Anda meningkat. 

Tempat kerja yang bersih dan teratur juga bebas dari gangguan dan rintangan yang tidak diinginkan. Dengan tempat kerja yang baik, Anda dapat bekerja dengan tenang dan tidak pernah memperhatikan waktu berlalu.

4) Atur mood. 

Pengaturan suasana hati mengharuskan Anda untuk mengikuti momen atau mendorong diri Anda untuk merasakan apa yang membuat pikiran Anda bekerja paling baik. 

Mencari tahu apa yang membuat Anda tergerak dapat membantu Anda menemukan cara untuk membuat ide kreatif Anda mengalir. Tetapkan kecepatan dan tempo untuk suasana hati Anda dan hal lainnya akan mengikuti.

Ada banyak cara untuk mengatur mood. Beberapa penulis diketahui menggunakan alkohol, seteguk anggur untuk membangkitkan imajinasi. Beberapa menyukai musik suasana hati sementara yang lain membiarkan pencahayaan lingkungan menciptakan suasana hati.

5) Pergilah berlibur dan lakukan sesuatu yang tidak seperti orang gila.

Membiarkan diri Anda pergi dan bersenang-senang menghasilkan adrenalin yang dapat membuat imajinasi Anda menjadi liar. Lakukan petualangan atau pendakian yang serius. Apa pun yang tidak biasa dari rutinitas harian Anda dapat menghilangkan kebiasaan itu dari jadwal Anda. 

Dalam waktu singkat, kreativitas Anda akan memanfaatkan pengalaman itu dan membuat imajinasi Anda terus berkembang.

Video Terkait