Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Mengenai Apa Itu Obligasi

Daftar Isi [Tampil]

Ada beberapa hal yang harus Anda pahami tentang obligasi sebelum Anda mulai berinvestasi di dalamnya. Tidak memahami hal-hal ini dapat menyebabkan Anda membeli obligasi yang salah, pada tanggal jatuh tempo yang salah.

Tiga hal terpenting yang harus diperhatikan saat membeli obligasi meliputi nilai nominal, tanggal jatuh tempo, dan tingkat kupon.

Nilai nominal obligasi mengacu pada jumlah uang yang akan Anda terima saat obligasi mencapai tanggal jatuh tempo. Dengan kata lain, Anda akan menerima investasi awal Anda kembali saat obligasi mencapai jatuh tempo.

Tanggal jatuh tempo tentu saja tanggal dimana obligasi akan mencapai nilai penuhnya. Pada tanggal ini, Anda akan menerima investasi awal Anda, ditambah bunga yang diperoleh uang Anda.

Obligasi Korporat dan Negara Bagian dan Pemerintah Daerah dapat 'dipanggil' sebelum mencapai jatuh tempo, pada saat perusahaan atau Pemerintah penerbit akan mengembalikan investasi awal Anda, bersama dengan bunga yang telah diperoleh sejauh ini. Obligasi federal tidak bisa 'dipanggil'.

Tingkat kupon adalah bunga yang akan Anda terima saat obligasi mencapai jatuh tempo. Angka ini ditulis sebagai persentase, dan Anda harus menggunakan informasi lain untuk mengetahui minatnya. Sebuah obligasi yang memiliki nilai nominal $ 2000, dengan tingkat kupon 5% akan menghasilkan $ 100 per tahun hingga mencapai jatuh tempo.

Karena obligasi tidak diterbitkan oleh bank, banyak orang tidak mengerti bagaimana cara membelinya. Ada dua cara untuk melakukannya.

Anda dapat menggunakan broker atau perusahaan pialang untuk melakukan pembelian untuk Anda atau Anda dapat langsung menghubungi Pemerintah. Jika Anda menggunakan broker, kemungkinan besar Anda akan dikenakan biaya komisi. Jika Anda ingin menggunakan broker, cari-cari komisi terendah!

Membeli langsung melalui Pemerintah tidak sesulit dulu. Ada program yang disebut Treasury Direct yang memungkinkan Anda untuk membeli obligasi dan semua obligasi Anda akan disimpan dalam satu rekening, sehingga Anda dapat dengan mudah mengaksesnya. Ini akan memungkinkan Anda untuk menghindari penggunaan broker atau perusahaan pialang.

Post a Comment for "Memahami Mengenai Apa Itu Obligasi"

Kunjungi : Lazada Ramadhan Sale Dapatkan Diskon Hingga 80% dan Gratis Ongkir


close
Banner iklan disini