Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Gaya Investasi Anda?

Daftar Isi [Tampilkan]

Mengetahui apa toleransi risiko dan gaya investasi Anda akan membantu Anda memilih investasi dengan lebih bijak. 

Meskipun ada banyak jenis investasi berbeda yang dapat dilakukan seseorang, sebenarnya hanya ada tiga gaya investasi tertentu - dan ketiga gaya tersebut terkait dengan toleransi risiko Anda. Ketiga gaya investasi tersebut adalah konservatif, moderat, dan agresif.

Secara alami, jika Anda menemukan bahwa Anda memiliki toleransi yang rendah terhadap risiko, gaya investasi Anda kemungkinan besar akan konservatif atau sedang. Jika Anda memiliki toleransi yang tinggi terhadap risiko, kemungkinan besar Anda akan menjadi investor yang moderat atau agresif. Di saat yang sama, tujuan finansial Anda juga akan menentukan gaya investasi yang Anda gunakan.

Jika Anda menabung untuk masa pensiun di awal dua puluhan, Anda harus menggunakan gaya investasi konservatif atau moderat - tetapi jika Anda mencoba mengumpulkan dana untuk membeli rumah dalam satu atau dua tahun ke depan, Anda sebaiknya menggunakan metode agresif.

Investor konservatif ingin mempertahankan investasi awal mereka. Dengan kata lain, jika mereka menginvestasikan $ 5000, mereka ingin memastikan bahwa mereka akan mendapatkan kembali $ 5000 awal mereka. 

Jenis investor ini biasanya berinvestasi pada saham biasa dan obligasi serta rekening pasar uang jangka pendek.

Rekening tabungan yang menghasilkan bunga sangat umum bagi investor konservatif.

Seorang investor moderat biasanya berinvestasi seperti investor konservatif, tetapi akan menggunakan sebagian dari dana investasi mereka untuk investasi berisiko tinggi. Banyak investor moderat menginvestasikan 50% dari dana investasi mereka dalam investasi yang aman atau konservatif, dan menginvestasikan sisanya dalam investasi yang lebih berisiko.

Seorang investor agresif bersedia mengambil risiko yang tidak akan diambil oleh investor lain. Mereka menginvestasikan jumlah uang yang lebih tinggi dalam usaha berisiko dengan harapan mencapai pengembalian yang lebih besar - baik dari waktu ke waktu atau dalam waktu singkat. Investor agresif sering kali semua atau sebagian besar dana investasinya terikat di pasar saham.

Sekali lagi, menentukan gaya investasi yang akan Anda gunakan akan ditentukan oleh tujuan keuangan dan toleransi risiko Anda. Apa pun jenis investasi yang Anda lakukan, Anda harus meneliti investasi itu dengan cermat. Jangan pernah berinvestasi tanpa semua fakta!