Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips yang Harus Dicoba Agar Artikel Dibaca Orang Lain

Daftar Isi [Tampilkan]

 Ada banyak orang yang takut harus menulis makalah atau artikel. Banyak yang merasa sepertinya ini terlalu banyak pekerjaan dan semuanya sia-sia jika tidak ada yang membaca. 

Bagi sebagian orang, membaca artikel sepertinya berhasil, terutama jika artikel itu membosankan dan sangat hambar. 

Nah, artikel seharusnya dibaca, itulah tujuannya untuk menyampaikan pesan dan informasi Anda. Jika tidak dibaca maka hanya membuang-buang waktu dan tenaga.

Tapi bagaimanapun juga, artikel harus ditulis untuk bisa dibaca. Itu hanya masalah membuat mereka bagus. Membuat artikel yang bagus tidak harus berat dan melelahkan. 

Hanya ada beberapa hal yang perlu diingat, dan beberapa panduan untuk diikuti. Setelah Anda memahaminya, menulis artikel bisa menyenangkan, serta menguntungkan bagi Anda dan situs Anda.

Tentu saja, menulis artikel harus tentang sesuatu yang Anda ketahui, itulah sebabnya jika Anda memiliki situs, Anda mungkin tahu tentang topik dan tema tertentu tersebut. 

Ketika Anda menulisnya, Anda tidak akan mengalami kesulitan karena Anda sudah tahu apa itu dan tentang apa itu. Ini hanya masalah membuat artikel Anda kreatif dan menarik.

Untuk memastikan bahwa artikel Anda dibaca dan dinikmati, berikut adalah enam kiat panas agar artikel Anda dibaca. Kiat-kiat ini akan membuat artikel Anda mudah dibaca dan menarik.

1) Gunakan paragraf pendek

Ketika paragrafnya sangat panjang, kata-kata itu bercampur aduk di benak pembaca hanya dengan melihatnya. Ini bisa sangat membingungkan dan terlalu banyak kerja keras untuk dibaca. 

Pembaca akan segera mengabaikan paragraf tersebut dan beralih ke artikel membaca yang lebih mudah dan bagus untuk dilihat serta dibaca. Paragraf bisa berupa kalimat tunggal, terkadang bahkan satu kata!

2) Manfaatkan angka atau peluru

Karena setiap poin ditekankan, angka dan peluru dapat dengan cepat membuat poin mudah diingat dan dicerna. Karena setiap poin, tip, panduan atau metode dimulai dengan poin atau poin, pembaca akan tahu bahwa di sinilah tip dimulai dan menjadi stres. 

Format poin dan angka dengan lekukan sehingga artikel Anda tidak akan terlihat seperti satu blok paragraf persegi. Tambahkan sedikit bakat dan pesona pada bentuk artikel Anda.

3) Gunakan Sub-judul untuk membagi paragraf Anda di halaman

Melakukan ini akan memecah setiap poin menjadi beberapa bagian tetapi tetap akan dimasukkan ke dalam satu artikel utuh. 

Juga akan mudah bagi pembaca untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya; transisi akan mulus dan mudah. Anda tidak akan pernah kehilangan perhatian pembaca serta titik dan arah tujuan artikel tersebut.

4) Berikan judul atau tajuk yang menarik perhatian

Jika judul Anda dapat menarik keingintahuan seseorang, Anda sudah setengah jalan dalam membuat seseorang membaca artikel Anda. 

Gunakan pernyataan dan pertanyaan yang memanfaatkan kata kunci yang dicari orang. Berikan judul atau tajuk yang mendeskripsikan konten artikel Anda, tetapi juga harus pendek dan ringkas.

Gunakan judul seperti, "Kiat untuk membuatnya lebih menginginkan Anda", atau "Cara membuatnya pingsan dan tersipu". 

Anda juga dapat menggunakan judul yang dapat memerintahkan orang lain, misalnya, "Jadikan dia milik Anda dalam enam Cara mudah". Jenis judul ini menjangkau emosi seseorang dan membuat mereka tertarik.

5) Buat mereka tetap tertarik dari awal hingga akhir

Dari paragraf pembuka Anda, gunakan situasi kehidupan nyata yang bisa diadopsi oleh pembaca. Gunakan deskripsi dan metafora yang baik untuk menyampaikan maksud Anda, namun jangan berlebihan. 

Mengarahkan contoh Anda dengan metafora grafis dan perumpamaan akan memudahkan mereka membayangkan apa yang Anda bicarakan. Membuat pengalaman itu menyenangkan dan menyenangkan bagi mereka.

6) Gunakan angka bila perlu dan bukan hanya pernyataan biasa dan hambar

Menggunakan fakta dan angka spesifik dapat meningkatkan artikel Anda karena membuatnya berwibawa. Tapi jangan membuatnya terlalu formal, harus ringan dan mudah di dalamnya dan mengalir. Seperti cangkir teh yang ramah, dia mengobrol sedikit dengan seorang siswa yang bersemangat.