Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menghasilkan uang dengan menjual produk orang lain

Daftar Isi [Tampilkan]

Banyak orang sekarang memasuki bisnis online dan pemasaran online baik untuk menambah penghasilan "dunia nyata" mereka atau untuk itu menjadi sumber pendapatan utama mereka. 

Mengapa? Karena pemasaran online hanya memberi mereka banyak manfaat!

Pertama, anda dapat menjangkau hampir semua orang di dunia yang memiliki akses internet jika anda memasarkan produk anda secara online. Itu berarti pasar yang lebih luas untuk anda, yang dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar. 

Kedua, mendirikan bisnis online hanya membutuhkan sebagian kecil dari biaya yang diperlukan untuk mendirikan bisnis yang sebenarnya, yang berarti banyak penghematan bagi pemilik bisnis.

Aspek lain yang telah menarik banyak orang ke arah pemasaran online adalah kenyataan bahwa seseorang tidak harus memiliki produk sendiri untuk memulai. 

Dalam pemasaran online, seseorang dapat mulai menghasilkan banyak uang hanya dengan menjual, atau bahkan hanya dengan mencoba menjual, produk orang lain. 

Dan memulai dengan strategi pemasaran semacam ini sebenarnya cukup mudah. Yang perlu dilakukan adalah membuat perjanjian dengan pengecer atau pedagang daring, dan setelah semuanya diselesaikan, orang dapat segera mulai menghasilkan uang dengan menjual produk pedagang atau pengecer.

Secara kebetulan, metode penjualan produk orang lain yang paling populer dan paling cepat berkembang adalah affiliate marketing. 

Affiliate marketing, dalam definisi yang paling sederhana, adalah hubungan antara pedagang online atau pengecer, yang memiliki produk untuk dijual, dan afiliasinya, yang bersedia untuk mempromosikan produk pedagang di situs web mereka.

Dalam pengaturan affiliate marketing yang khas, pedagang memberikan spanduk dan iklan teks kepada afiliasinya untuk menautkan ke situsnya. 

Afiliasi kemudian akan mendapatkan iklan ini diposting di situs web mereka dan mereka dibayar setiap kali lalu lintas atau penjualan diarahkan ke situs web pedagang. 

Afiliasi sering dibayar berdasarkan komisi, meskipun pedagang online lainnya akan memilih untuk membayar biaya tetap untuk kompensasi afiliasi.

Mulai menghasilkan uang secara online dengan affiliate marketing relatif cepat dan mudah. Yang harus dilakukan adalah mendaftar sebagai afiliasi untuk perusahaan online yang menawarkan program afiliasi. 

Metode alternatif, dan biasanya yang lebih mudah, adalah mendaftar sebagai anggota jaringan afiliasi — jaringan yang menampung berbagai program afiliasi untuk pedagang atau pengecer online yang berbeda. 

Mendaftar biasanya gratis, meskipun perusahaan dan jaringan lain mungkin mengharuskan anda membayar biaya tertentu. Namun, biaya tersebut dibuat sebagai pembayaran untuk layanan tambahan yang dapat diberikan perusahaan, seperti menyediakan alat dan bantuan untuk memulai bisnis online anda.

Ketika anda mendaftar dengan program affiliate marketing, anda biasanya diminta untuk mengisi formulir yang berisi informasi tentang diri anda. 

Beberapa program afiliasi mungkin juga mengharuskan anda untuk menyajikan url situs web anda dan menjelaskan isinya. 

Ini akan memungkinkan pengecer untuk memverifikasi bahwa anda benar-benar memiliki situs web dengan konten yang relevan dengan produk mereka. 

Namun, beberapa program afiliasi tidak mengharuskan anda memiliki situs web. Setelah mengisi formulir dan semuanya, anda kemudian diizinkan untuk memilih program afiliasi yang ingin anda promosikan.

Setelah mendaftar dengan program afiliasi dan menjadi afiliasi yang sebenarnya, anda sekarang siap untuk mulai menghasilkan banyak uang dengan menjual produk orang lain secara online. 

Bagaimana anda menghasilkan uang? 

Sebenarnya ada sejumlah cara bagi anda untuk mendapatkan uang sebagai afiliasi, dan sebagian besar cara ini tergantung pada jenis program affiliate marketing yang anda ikuti.

Banyak program affiliate marketing memberikan kompensasi kepada afiliasinya dengan salah satu dari tiga cara: bayar per klik (ppc), bayar per penjualan (pps), atau bayar per lead (ppl). 

Dalam affiliate marketing bayar per klik, afiliasi dibayar setiap kali dia mengarahkan lalu lintas ke situs merchant. Program affiliate marketing pps dan ppl bekerja agak berbeda. 

Di pps, afiliasi hanya dibayar ketika referralnya berubah menjadi penjualan aktual. 

Dalam program afiliasi pps biasa, afiliasi biasanya akan mendapatkan komisi 15% hingga 20% untuk setiap konversi. Program afiliasi ppl bekerja dengan cara yang sama, meskipun afiliasi dibayar biaya tetap setiap kali rujukannya dikonversi menjadi petunjuk bagi perusahaan.

Beberapa program affiliate marketing adalah program dua tingkat, di mana afiliasi juga diperbolehkan untuk merekomendasikan afiliasi lain kepada pedagang. 

Dalam program afiliasi semacam itu, afiliasi tidak hanya akan dibayar untuk lalu lintas atau penjualan yang ia akan arahkan ke situs pedagang tetapi juga untuk lalu lintas atau penjualan yang diarahkan oleh afiliasi yang mendaftar dengan program melalui rekomendasinya.

Namun cara lain untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan affiliate marketing adalah melalui program afiliasi residual. 

Program afiliasi residual adalah program afiliasi di mana afiliasi dibayar beberapa kali selama pedagang mempertahankan pelanggan yang telah dirujuk afiliasi ke situsnya. 

Satu bentuk program residual membuat afiliasi membayar komisi setiap kali pelanggan yang direferensikan tersebut membeli sesuatu di situs merchant. 

Bentuk lain dari program afiliasi residual membuat afiliasi membayar persentase setiap bulan selama perusahaan mempertahankan pelanggan yang dirujuk.

Dengan banyak pilihan yang tersedia dan banyak cara untuk menghasilkan uang, affiliate marketing tidak diragukan lagi merupakan cara yang paling populer dan termudah untuk menghasilkan uang dengan menjual produk orang lain secara online. 

Adapun berapa banyak uang yang dapat diperoleh dari affiliate marketing sebenarnya tergantung pada afiliasi. Afiliasi yang berdedikasi dan pekerja keras tentu akan mendapatkan lebih banyak dari program dibandingkan dengan afiliasi yang hanya akan mendaftar dan melupakan program nanti.