Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menentukan Di Mana Anda Akan Berinvestasi

Daftar Isi [Tampilkan]

Ada beberapa jenis investasi, dan ada banyak faktor yang menentukan di mana Anda harus menginvestasikan dana Anda.

Tentu saja, menentukan di mana Anda akan berinvestasi dimulai dengan meneliti berbagai jenis investasi yang tersedia, menentukan toleransi risiko Anda, dan menentukan gaya investasi Anda - beserta tujuan keuangan Anda.

Jika Anda akan membeli mobil baru, Anda harus melakukan sedikit riset sebelum membuat keputusan akhir dan membeli. Anda tidak akan pernah mempertimbangkan untuk membeli mobil yang belum sepenuhnya Anda lihat dan bawa untuk test drive. Berinvestasi bekerja dengan cara yang hampir sama.

Anda tentu saja akan belajar sebanyak mungkin tentang investasi, dan Anda ingin melihat bagaimana kinerja investor sebelumnya. Itu masuk akal!

Belajar tentang pasar saham dan investasi membutuhkan banyak waktu… tetapi menghabiskan waktu dengan baik. Ada banyak buku dan situs web tentang topik ini, dan Anda bahkan dapat mengambil kursus tingkat perguruan tinggi tentang topik tersebut - yang dilakukan oleh pialang saham. 

Dengan akses ke Internet, Anda sebenarnya dapat bermain di pasar saham - untuk mengetahui cara kerjanya.

Anda dapat melakukan investasi pura-pura, dan melihat bagaimana hasilnya. Lakukan penelusuran dengan mesin telusur apa pun untuk 'Permainan Pasar Saham' atau 'Simulasi Pasar Saham.' Ini adalah cara yang bagus untuk mulai belajar tentang berinvestasi di pasar saham.

Jenis investasi lain - di luar pasar saham - tidak memiliki simulator. Anda harus belajar tentang jenis-jenis investasi itu dengan cara yang sulit - dengan membaca.

Sebagai calon investor, Anda harus membaca apa pun yang dapat Anda peroleh tentang investasi… tetapi mulailah dengan buku dan situs web investasi awal terlebih dahulu. Jika tidak, Anda akan segera menemukan bahwa Anda terhilang.

Terakhir, bicarakan dengan perencana keuangan. Beri tahu mereka tujuan Anda, dan mintalah saran dari mereka - inilah yang mereka lakukan! Seorang perencana keuangan yang baik dapat dengan mudah membantu Anda menentukan di mana akan menginvestasikan dana Anda, dan membantu Anda membuat rencana untuk mencapai semua tujuan keuangan Anda. 

Banyak yang bahkan akan mengajari Anda tentang berinvestasi di sepanjang jalan - pastikan Anda memperhatikan apa yang mereka katakan kepada Anda!