Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Banyak Uang yang Harus Anda Investasikan?

Daftar Isi [Tampilkan]

Banyak investor pertama kali berpikir bahwa mereka harus menginvestasikan semua tabungan mereka. Ini belum tentu benar. 

Untuk menentukan berapa banyak uang yang harus Anda investasikan, Anda harus terlebih dahulu menentukan seberapa banyak Anda sebenarnya mampu untuk berinvestasi, dan apa tujuan keuangan Anda.

Pertama, mari kita lihat berapa banyak uang yang saat ini mampu Anda investasikan. Apakah Anda memiliki tabungan yang dapat Anda gunakan? Jika demikian, bagus! Namun, Anda tidak ingin mempersingkat diri saat mengikat uang Anda dalam investasi. Untuk apa simpanan Anda awalnya?

Penting untuk menyimpan biaya hidup selama tiga hingga enam bulan di rekening tabungan yang mudah diakses - jangan menginvestasikan uang itu! Jangan menginvestasikan uang yang mungkin Anda perlukan untuk terburu-buru di masa depan.

Jadi, mulailah dengan menentukan berapa banyak tabungan Anda yang harus disimpan di rekening tabungan Anda, dan berapa banyak yang dapat digunakan untuk investasi. Kecuali Anda memiliki dana dari sumber lain, seperti warisan yang Anda terima baru-baru ini, mungkin hanya ini yang harus Anda investasikan saat ini.

Selanjutnya, tentukan seberapa banyak Anda dapat menambahkan investasi Anda di masa depan. Jika Anda bekerja, Anda akan terus menerima pendapatan, dan Anda dapat berencana menggunakan sebagian dari pendapatan itu untuk membangun portofolio investasi Anda dari waktu ke waktu. 

Bicaralah dengan perencana keuangan yang berkualifikasi untuk menyiapkan anggaran dan menentukan berapa banyak pendapatan masa depan Anda yang dapat Anda investasikan.

Dengan bantuan seorang perencana keuangan, Anda dapat yakin bahwa Anda tidak berinvestasi lebih dari yang seharusnya - atau kurang dari yang seharusnya untuk mencapai tujuan investasi Anda.

Untuk banyak jenis investasi, sejumlah investasi awal tertentu akan dibutuhkan. Mudah-mudahan, Anda telah melakukan riset, dan menemukan investasi yang terbukti ampuh. Jika ini masalahnya, Anda mungkin sudah tahu apa investasi awal yang dibutuhkan.

Jika uang yang Anda miliki untuk investasi tidak memenuhi investasi awal yang disyaratkan, Anda mungkin harus mencari investasi lain. Jangan pernah meminjam uang untuk diinvestasikan, dan jangan pernah menggunakan uang yang belum Anda sisihkan untuk berinvestasi!