Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerajaan Singasari (Tahun 1222 – 1292)

Daftar Isi Artikel [Tampilkan]

Sumber sejarah tentang kerajaan Singasari terdapat dalam buku berikut :

  1. Pararaton atau disebut juga Katuturanira Ken Arok, isinya menceritakan riwayat Ken Arok dari lahir sampai menjadi raja dan urutan raja-raja yang memerintah di Kerajaan Singasari
  2. Negarakertagama ditulis oleh Prapanca yang merupakan seorang pujangga kraton Majapahit, perjalanan suci Hayam Wuruk ke tempat percandian leluhurnya antara lain ke Singasari. Memuat riwayat Ken Arok juga.

Kerajaan Singasari mencapai puncak kejayaan di bawah pemerintahan raja Kertanegara, Kertanegara terkenal dengan gagasannya untuk menyatukan seluruh kerajaan-kerajaan di Nusantara di bawah payung kekuasaan Singasari. Cita-cita ini dikenal sebagai Wawasan Nusantara I. 

Untuk melaksanakan cita-citanya Kertanegara melakukan:

  1. Perluasaan daerah dan hubungan dengan luar negeri. Pengiriman ekspedisi ke Sumatera yang terkenal dengan ekspedisi Pamalayu 1275 M. Kertanegara mengadakan kerjasama dengan Campa untuk bersama-sama menghadapi Ku Bilai Khan dari China yang dianggap sebagai ancaman oleh Kertanegara.
  2. Struktur pemerintahan Singasari sudah lengkap, yaitu pada pemerintahan Kertanegara, raja sebagai penguasa tertinggi. Kemudian didampingi dewan penasehat. Di bawahnya masih terdapat pegawai-pegawai yang mengawasi berbagai bidang. Bidang agama, pertahanan dan sebagainya.
  3. Kehidupan agama, Singasari masa pemerintahan raja Kertanegara, agama Hindu dan Budha sama-sama berkembang. Kertanegara sendiri memeluk Ciwa-Budha, terjadi sinkretisme antara agama Hindu-Budha. Kertanegara menganut aliran Tantrayana. Dengan politik perluasan daerah yang dicanangkan Kertanegara, banyak tentara yang dikirim keluar daerah.

Pada waktu sedang sepi penjaga, dan pasukan penjaga istana berkurang, Singasari diserang raja Kediri yaitu Jayakatwang.

Kertanegara meninggal dalam peristiwa ini, dicandikan di dua tempat, di candi Jawi dan Candi Singasari.

Raden Wijaya dengan bantuan pasukan Tar-Tar (Cina) dapat mengalahkan Jayakatwang, dan mendirikan kerajaan Majapahit.

Kertanegara sebagai raja terakhir dan terbesar dari kerajaan Singasari, diabadikan di beberapa tempat. Terkenal Arca Kertanegara yang bernama Joko Dolog di Surabaya. Wafatnya Kertanegara mengakhiri riwayat kerajaan Singasari.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Kerajaan Singasari (Tahun 1222 – 1292)"