Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penaklukan Kota Mekkah Oleh Rasulullah

Daftar Isi [Tampilkan]

 Pada tahun 8 Hijriyah, Rasulullah memutuskan untuk menaklukkan kota Mekkah. Maka, pada tanggal 10 romadhon beliau berangkat bersama puluhan ribu pasukan menuju Mekkah titik kaum muslimin memasuki Mekah tanpa terjadi peperangan, dimana kaum Quraisy menyerah dan Allah memberikan kemenangan kepada kaum muslimin titik lalu Rasulullah menuju Ka'bah untuk melakukan tawaf dan salat 2 rokaat di dalamnya. 

Setelah itu, beliau menghancurkan berhala berhala yang ada ada di dalam Ka'bah dan sekitarnya. Rasulullah berdiri di pintu Ka'bah sedangkan kaum Quraisy berbaris di masjid haram menantikan apa yang akan dilakukan Rasulullah. Rasulullah berkata pada kaum Quraisy: "wahai kaum Quraisy, apakah yang akan aku lakukan terhadap kalian? Mereka menjawab: "kebaikan (engkau) saudara yang baik dan anak dari saudara yang baik pula" Rasulullah berkata: "pergilah!, Kalian telah bebas". 

Rasulullah telah memberikan teladan yang agung dalam memaafkan musuh-musuhnya yang telah menyiksa, menyakiti, membunuh para sahabatnya, dan mengusir dari kampung halamannya.

Setelah penaklukan kota Mekah, manusia berbondong-bondong memeluk Islam. Pada tahun ke 10 hijriah, rasulullah melaksanakan haji dan itu lah satu-satunya haji yang dilakukan beliau bersama 100 orang, dan setelah itu beliau kembali ke Madinah.