Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Faktor Pertumbuhan Peradaban Islam

Daftar Isi Artikel [Tampilkan]

 Sebelum agama Islam datang bangsa Arab pada umumnya berbudi pekerti yang tidak baik, suka berjudi berperang antar suku dan sebagainya. Akan tetapi setelah agama Islam datang mereka dibimbing untuk memperbaiki budi pekerti nya. Islam adalah agama yang mencakup segala segi kehidupan manusia, baik kehidupan dunia maupun akhirat. Agama Islam sangat menghargai amal saleh manusia dan mendorong manusia untuk berpikir kreatif. Sebab hanya dengan beramal sholeh dan berpikir kreatif, setiap umat Islam akan mendapat pahala yang baik di sisi Allah. Adapun ajaran Islam yang memotivasi setiap orang ataupun masyarakat agar memiliki peradaban tinggi adalah :

  1. Islam sangat menghargai akal, meletakkan akal pada tempat terhormat, memerintahkan manusia untuk mempergunakan akalnya untuk menganalisis keadaan alam (Q.S. Ali Imron ayat 189 sampai 190)
  2. Islam mewajibkan setiap laki-laki dan perempuan untuk menuntut ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat (QS. Al Mujadalah ayat 11)
  3. Islam melarang orang bertaqlid buta, dengan menerima sesuatu tanpa menggunakan akal pikiran untuk menganalisis ataupun membuktikan kebenaran yang diterima (QS. Al Isyra ayat 36)
  4. Islam mengarahkan pemeluknya supaya senantiasa menggali segala sesuatu yang belum diungkapkan, melakukan inisiatif dan memberi manfaat bagi kemanusiaan.
  5. Islam memerintahkan setiap pemeluknya untuk mencari keridhaan Allah, dengan semua nikmat yang telah diterima dan menyuruh menggunakan hak-hak atas keduniaan untuk menegakkan ajaran (QS. Al Qoshosh ayat 77)
  6. Islam mengajarkan pemeluknya supaya melakukan pengembaraan untuk menjalin silaturahmi dan kerjasama dengan bangsa lain, untuk membangun peradaban yang tinggi yang menjamin kemaslahatan umat (QS. Al Hajj ayat 46).
Berikut adalah beberapa faktor pertumbuhan peradaban Islam semoga bermanfaat.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Faktor Pertumbuhan Peradaban Islam"