Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Khiyar Adalah: Definisi, Hukum, Macam, dan Hikmah

Konten [Tampil]

Pengertian dan Dasar Hukum Khiyar

Khiyar artinya boleh memilih antara dua, meneruskan akad jual beli atau mengurungkannya (menarik kembali, tidak jadi jual beli). Hukum khiyar adalah mubah dan disyariatkan dalam agama Islam. Rasulullah membenarkan pratik khiyar melalui hadisnya yang berbunyi:

قَالَ رَسُولُ الله صَلَّى الله عليه وسلّم: وَلَكُمُ الْخِيَارُ فِي الْبُيُوْعِ مُنذُ ثَلَاثَةِ أَيَّمٍ (رواه البيهقي)

Artinya : “Bahwa Rasulullah bersabda, ‘Engkau berhak untuk khiyar dalam tiap-tiap barang yang engkau beli selama tiga hari’.” (H.R. Al-Baihaqi)

Dari hadis tersebut berarti batas khiyar hanya boleh selama tiga hari, lebih dari itu tidak diperbolehkan.

Macam-Macam Khiyar dalam Jual Beli

1. Khiyar Majlis

Khiyar majlis adalah memilih antara jadi jual beli atau tidak selama pembeli dan penjual masih berada di tempat jual beli (majelis). Jika keduanya sudah meninggalkan mejelis, dan sudah terjadi akad jual beli maka hilanglah hak khiyar.

Dasar untuk berlakunya khiyar majlis adalah hadis Nabi SAW. berikut ini.

عَنْ ابن عمر عن رسول الله صلى الله عليهِ وَسَلَّمَ اَنَّهُ قَالَ إِذَا تَبَايَعَ الرَّجلَانِ فَكُلُّ وَاحِدٍ مِنهُمَا بِالْخِيَارِمَا لَم يَتَفَرَّقَا 

Artinya: Dari Ibnu Umar ra., dari Rasulullah saw., beliau bersabda “Apabila dua orang mengadakan akad jual beli, maka masing-masing dari keduanya boleh melakukan khiyar selama keduanya belum berpisah”. (H.R. Bukhori dan Muslim)

Khiyar majlis dapat gugur dan tidak berlaku disebabkan hal-hal berikut ini.

  1. Penjual dari pembeli telah memutuskan untuk memilih meneruskan jual beli atau membatalkannya
  2. Penjual dan pembeli sudah berpisah menurut adat kebiasaan
  3. Salah satu atau keduanya meninggal dunia

2. Khiyar Syarat

Khiyar syarat adalah memilih antara jual beli atau tidak dengan mempertimbangkannya dalam masa yang disepakati oleh kedua belah pihak. Setelah sampai pada hari yang ditentukan, maka harus ada ketegasan tentang jadi atau tidaknya.

Khiyar syarat dapat dilakukan dalam segala bentuk jual beli, kecuali barang yang wajib diterima di tempat jual beli, seperti barang-barang yang dikhawatirkan basi. Maka khiyar syarat paling lama hanya tiga hari. Sebagaimana hadis Nabi saw. di atas.

3. Khiyar ‘Aibi (Cacat)

Khiyar ‘aibi adalah memilih untuk melangsungkan akad jual beli atau membatalkannya apabila pada barang tersebut terdapat cacat yang tidak diketahui oleh pembeli pada waktu melakukan akad jual beli.

Hikmah Khiyar

Khiyar dapat mendidik masyarakat agar berhati-hati dalam melakukan akad jaul beli sehingga pembeli mendapatkan barang dagangan yang baik atau yang benar-benar disukainya.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Pengertian Khiyar Adalah: Definisi, Hukum, Macam, dan Hikmah"