Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Bangsa Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Konten [Tampil]

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

Dalam penafsiran pengertian bangsa secara definitif terdapat pendapat yang berbeda-beda, seperti :
Jalobsen dan Lipman : bangsa adalah kesatuan budaya (cultural unity) dan satu kesatuan politik (political unity)

Hans Kohn (Jerman) : bangsa adalah buah hasil tenaga hidup manusia dalam sejarah. Bangsa merupakan golongan yang beraneka ragam dan tidak mungkin dapat dirumuskan dengan menggunakan dalil ilmu pasti, karena kebanyakan bangsa memiliki faktor-faktor objektif tertentu yang membedakannya dengan bangsa lain, faktor tersebut dapat berupa persamaan keturunan, wilayah, bahasa, adat istiadat, budaya, politik, dan agama.

Otto Bauer (Jerman) : Bangsa adalah kelompok manusia yang memiliki persamaan karakter. Karakter ini tumbuh karena adanya persamaan nasib.

Ernest Renan (Perancis) : Menurut pakar kenegaraan dari Perancis ini mengemukakan pengertian bangsa seperti berikut, bangsa terbentuk karena adanya keinginan untuk hidup bersama (hasrat bersatu) dengan perasaan setia yang agung.

F. Ratzel : Bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu. Hasrat itu timbul karena adanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya.

Menurut Friedrich Hertz dari Jerman dalam bukunya yang berjudul Nationality in History and Politicals, mengemukakan bahwa setiap bangsa memiliki 4 (empat) unsur aspirasi terbentuknya bangsa sebagai berikut :
  1. Keinginan untuk mencapai kesatuan nasional yang terdiri dari kesatuan politik, ekonomi, sosial, agama, kebudayaan, komunikasi, dan solidaritas.
  2. Keinginan untuk mencapai kemerdekaan dan kebebasan nasional sepenuhnya, yaitu bebas dari dominasi dan campur tangan bangsa asing terhadap urusan dalam negerinya.
  3. Keinginan dalam kemandirian, keunggulan, individualitas, keaslian atau kekhasan. Misalnya menjunjung tinggi bahasa nasional yang mandiri.
  4. Keinginan untuk menonjol (unggul) diantara bangsa-bangsa dalam mengajar kehormatan, pengaruh dan prestise.
Pengertian bangsa menurut para ahli terdapat banyak penafsiran, namun pada hakikatnya bangsa adalah sekelompok manusia yang memiliki : “Cita-cita bersama, sejarah hidup yang sama, adat kebiasaan dan budaya yang sama, karakter dan perangai yang sama, menempati wilayah yang sama, terorganisir dalam suatu pemerintahan yang berdaulat”.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Pengertian Bangsa Secara Umum dan Menurut Para Ahli"