Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Kitab Kitab Allah SWT

Daftar Isi [Tampilkan]

Fungsi Kitab Kitab Allah SWT

1. Sebagai petunjuk atau pedoman bagi manusia
Seseorang yang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT, tidak meragukan kebenarannya, karena mendapat petunjuk dari Allah. Sebagaimana firman Allah pada surat Al-Baqarah ayat 2.
2. Sebagai obat sekaligus petunjuk serta rahmat bagi orang mukmin
Firman Allah :
يَـٰٓأَيُّہَا ٱلنَّاسُ قَدۡ جَآءَتۡكُم مَّوۡعِظَةٌ۬ مِّن رَّبِّڪُمۡ وَشِفَآءٌ۬ لِّمَا فِى ٱلصُّدُورِ وَهُدً۬ى وَرَحۡمَةٌ۬ لِّلۡمُؤۡمِنِينَ (٥٧)
Artinya : Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit [yang berada] dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS. Yunus : 57)
3. Sebagai sumber IPTEK
Kitab yang diturunkan Allah kepada para rasul-Nya berfungsi sebagai sumber IPTEK, memuat berbagai ilmu aqidah, syari’ah, ibadah, mu’amalah, kedokteran, ekonomi, sosial, politik, ilmu alam, dan sebagainya.
وَٱلشَّمۡسُ تَجۡرِى لِمُسۡتَقَرٍّ۬ لَّهَا‌ۚ ذَٲلِكَ تَقۡدِيرُ ٱلۡعَزِيزِ ٱلۡعَلِيمِ (٣٨)
Artinya : dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. (QS. Yaasiin : 38)
4. Sebagai pembeda antara yang hak dan yang bathil
Sebelum Allah menurunkan kitab-kitab kepada para rasul-Nya manusia dalam keadaan buta atau gelap gulita. Karena mereka belum bisa membedakan mana yang hak dan mana yang bathil, halal dan haram, benar dan salah.
لِيُحِقَّ ٱلۡحَقَّ وَيُبۡطِلَ ٱلۡبَـٰطِلَ وَلَوۡ كَرِهَ ٱلۡمُجۡرِمُونَ (٨)
Artinya : agar Allah menetapkan yang hak [Islam] dan membatalkan yang bathil [syirik] walaupun orang-orang yang berdosa [musyrik] itu tidak menyukainya. (QS. Al-Anfal : 8)
5. Sebagai penjelas bagi segala sesuatu
Kitab suci Allah diturunkan berfungsi sebagai penjelas atau menjawab segala persoalan yang muncul. Firman Allah :
وَيَوۡمَ نَبۡعَثُ فِى كُلِّ أُمَّةٍ۬ شَهِيدًا عَلَيۡهِم مِّنۡ أَنفُسِہِمۡ‌ۖ وَجِئۡنَا بِكَ شَہِيدًا عَلَىٰ هَـٰٓؤُلَآءِ‌ۚ وَنَزَّلۡنَا عَلَيۡكَ ٱلۡكِتَـٰبَ تِبۡيَـٰنً۬ا لِّكُلِّ شَىۡءٍ۬ وَهُدً۬ى وَرَحۡمَةً۬ وَبُشۡرَىٰ لِلۡمُسۡلِمِينَ (٨٩)
Artinya : [Dan ingatlah] akan hari [ketika] Kami, bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri, dan Kami datangkan kamu [Muhammad] menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab [Al Qur’an] untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri. (QS. An-Nahl : 89)
Berikut adalah Fungsi Kitab Kitab Allah SWT yang wajib diketahui oleh orang yang beriman kepada kitab Allah.