Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Berita dan Cara Dalam Menyajikan Berita

Konten [Tampil]
Berita adalah peristiwa atau kejadian yang mengandung hal menarik, luar biasa, dan terkini (baru). Suatu peristiwa disebut berita apabila sudah dilaporkan. Ada beberapa kata yang dapat membantu menentukan informasi-informasi dalam berita yaitu dengan menggunakan kata-kata tanya yang biasa disebut dengan 5W + 1H (What, Who, Where, Why, When, dan How). Dalam penyampaian berita sangat bergantung pada hal apa yang lebih dipentingkan. Jika hal yang lebih dipentingkan unsur apa, biasanya struktur berita akan mendahulukan unsur tersebut atau mungkin bisa yang lainnya, maka tidak heran jika beberapa media massa yang berbeda menginformasikan hal yang sama, kadang-kadang penyajiannya berbeda.

Isi berita
Jika kita ingin mengetahui tentang isi berita, maka kita bisa mengajukan pertanyaan dengan menggunakan kata tanya apa. Isi berita secara ringkas terdapat pada headline atau kepala berita.

Menentukan Informasi yang Bertentangan
Informasi bertentangan karena adanya informasi yang berkebalikan. Jika informasi menyebutkan kelebihan, ada informasi lain yang menyebutkan kelemahan. Untuk memudahkan menentukan informasi yang bertentangan, carilah kata yang menyatakan makna hubungan pertentangan.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Pengertian Berita dan Cara Dalam Menyajikan Berita"